Gaya Hidup

10 Kota Terkaya di Dunia dan Keunikan yang Dimilikinya

Pretty Angelia Wuisan-

22 Nov 2021

10 Kota Terkaya di Dunia dan Keunikan yang Dimilikinya

Daftar 10 kota terkaya di dunia ini dinilai berdasarkan banyaknya jumlah miliarder yang bermukim di sana.

Menurut laporan dari Forbes yang dirilis pada April lalu ditambah laporan dari situs The Richest, orang terkaya di dunia dan para miliarder baru memiliki tempat tinggal di kota-kota ini. Penasaran kota mana saja yang jadi rumah para orang super kaya dunia? Ini daftarnya. 


Baca juga: Ini Dia 14 Makanan Termahal di Dunia, Tertarik Coba?


1. Kota Terkaya di Dunia Pertama, Beijing

Selama tujuh tahun terakhir dikuasai oleh New York, Beijing akhirnya menjadi peringkat 1 kota teratas yang menjadi kota paling kaya sedunia, yang dilihat dari jumlah orang kaya di sana.

Ibu kota dari Tiongkok ini berhasil duduk di peringkat pertama berdasarkan penduduk terkaya yang punya kekayaan bersih mencapai Rp7.017 triliun. Angka yang sangat fantastis.

Sebagai salah satu kota yang sibuk di Tiongkok. Beijing memang memiliki keunikannya tersendiri. Kota tersebut modern, tapi Anda masih bisa melihat budaya khas Tiongkok yang kental di sana dari peninggalan-peninggalannya.

Pendiri TikTok yang beberapa waktu lalu memutuskan pensiun itu berlokasi di Beijing.

 

2. New York City

Walaupun peringkatnya turun, New York masih menjadi salah satu kota terkaya di dunia dengan jumlah penduduk kaya terbanyak kedua di dunia.

Namun, crazy rich yang ada di New York memiliki kekayaan yang digabungkan totalnya mencapai Rp8.000 triliun lebih. Hal itu tidak mengherankan karena New York sejak dulu menjadi pusat ekonomi Amerika Serikat, bahkan berpengaruh juga di dunia.

New York juga menjadi salah satu kota tersibuk di dunia yang menjadi tempat banyak orang meraih cita-citanya di sana.

Orang terkaya yang tinggal di sana adalah Michael Bloomberg, pendiri perusahaan Bloomberg yang ternama itu dan punya kekayaan hingga rata-rata Rp854 triliun.


3. Hong Kong

Kota yang berada di Tiongkok ini adalah kota paling kaya di dunia berikutnya. Sejak dulu, Hong Kong menjadi kota paling dinamis dan kota global dengan pembangunan pesat. Anda juga bisa menemukan pasar modal khusus Hong Kong yang lebih terbuka dengan investor luar.

Total kekayaan yang dapat dihasilkan Hong Kong adalah Rp6.497 triliun. Miliarder terkaya di Hong Kong bernama Li-Ka Shing yang punya total aset Rp488,2 triliun. 

Beberapa waktu lalu peringkat Hong Kong sempat merosot karena adanya konflik politik yang terjadi di sana, tapi di masa pandemi tetap ada miliarder baru yang lahir. 


4. Moskow

Selanjutnya kita pindah ke Rusia, atau lebih tepatnya Moskow yang menjadi kota terkaya di dunia berikutnya. 

Moskow menjadi kota pendidikan di Rusia, kota pusat ekonomi, dan pemerintahan. Tidak mengherankan Anda akan melihat kesibukan yang tidak biasa di Moskow.

Para miliarder yang tinggal di sana bisa menghasilkan kekayaan hingga Rp6.097 triliun. Orang terkaya di Moskow bernama Alexey Mordashov yang berhasil membangun bisnis keluarganya sebesar Rp421,5 triliun.


5. Shenzhen

Dibandingkan Beijing, Shenzhen merupakan kota yang baru didirikan puluhan tahun lalu. Awalnya adalah desa nelayan, tapi pada akhirnya berubah menjadi kota maju yang menjadi pusat pembangunan.

Salah satu perusahaan besar asal Tiongkok, Tencent lahir di kota ini dan masih banyak perusahaan global lainnya. Sosok pendiri Tencent, Ma Huateng adalah orang terkaya di sana dengan kekayaan Rp953 triliun.

Kekayaan yang berhasil dimiliki para orang tajir di kota ini mencapai Rp6.015 triliun. Ke depannya, kota ini diprediksi akan melahirkan lebih banyak miliarder.


6. Shanghai

Sama seperti Beijing, Shanghai merupakan salah satu kota tertua di Tiongkok, sehingga punya sejarah yang akan terus diingat oleh penduduknya.

Kota ini juga punya kemajuan yang pesat dan memiliki pasar modal sendiri yang tidak hanya berpengaruh di Tiongkok, tapi juga Asia dan dunia. Total kekayaan orang tajirnya mencapai Rp3.761 triliun.

Shanghai juga adalah pusat teknologi Tiongkok. Perusahaan Panduoduo yang dimiliki oleh Colin Huang berhasil menjadikan pemiliknya punya kekayaan Rp801,2 triliun. Panduoduo adalah perusahaan e-commerce yang sukses di Tiongkok.

 

7. London

London adalah kota terkaya di dunia selanjutnya. Walaupun negara Inggris sempat mengalami krisis ekonomi karena Brexit, tapi tetap berhasil melahirkan miliarder baru yang berkualitas.

Sosok crazy rich yang tinggal di sana adalah Len Blatnavik Rp463,3 triliun.


8. Mumbai

Mumbai adalah satu-satunya kota di Asia Selatan yang masuk daftar kota terkaya di dunia. Dulu bernama Bombay dan sudah dikenal sebagai pusat ekonomi India.

Total kekayaan para miliarder yang ada di sana mencapai Rp3.840 triliun dan pada tahun 2020 kemarin ada tambahan 10 orang kaya.

Mukesh Ambani yang menjadi salah satu orang terkaya di dunia, menjadi orang paling kaya di Mumbai dengan total kekayaan Rp1.224 triliun yang berasal dari gurita bisnisnya.


9. San Francisco

Salah satu kota maju di Amerika Serikat ini berhasil masuk jajaran kota terkaya di dunia untuk tahun ini. 

Total kekayaan gabungan dari para orang kaya di sana mencapai Rp2.753 triliun. Orang terkaya yang ada di San Fransisco diketahui bernama Dustin Moskovitz yang merupakan mantan karyawan Facebook yang mendirikan usahanya sendiri.


10. Hangzhou

Ada lagi kota di Tiongkok yang mampu bersaing menjadi kota terkaya di dunia. Kekayaan para miliarder yang berlokasi di sana adalah Rp3.901 triliun. Kota ini berhasil menggeser posisi yang sebelumnya ditempati oleh Singapura. 

Orang terkaya di Hangzhou bernama Shan Shan Zhong yang kekayaannya sebesar Rp998,4 triliun.


Baca juga: 10 Aktor Hollywood dengan Bayaran Termahal di Dunia


Itulah daftar kota terkaya di dunia yang para miliarder di sana punya kekayaan fantastis. Daftar ini bisa berubah seiring bertambah atau berkurangnya orang kaya di kota tersebut.



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru