06 Aug 2019
Setiap orang pasti ingin tahu rahasia mencapai karier sukses itu seperti apa. Memiliki karier yang sukses itu membuat hidup jadi berbahagia dan kebutuhan pun dapat terpenuhi lebih dari cukup.
Apalagi saat ini Anda adalah seorang sarjana atau baru lulus kuliah. Memang sudah saatnya untuk mengejar mimpi Anda karena sudah menyelesaikan tahapan dalam mempelajari ilmu. Oleh karena itu, kita akan bahas mengenai 8 rahasia mencapai karier sukses yang perlu Anda ketahui.
Baca Juga: Tren Bisnis Tahun 2020 yang Harus Anda Sadari
Jika Anda sudah berniat mengejar karier yang dicita-citakan, maka Anda harus mengubah mindset. Yang tadinya hanya sosok yang bertopang dagu sambil menunggu uang jajan dari orang tua menjadi orang yang siap menghadapi segala risiko apapun yang terjadi nanti dan memenuhi kebutuhan dirinya sendiri.
Mengubah mindset sangatlah harus karena akan membawa kita dari seseorang yang sifatnya kekanak-kanakan menjadi dewasa yang dipenuhi tanggung jawab. Atau lebih tepatnya Anda menjadi mandiri. Ini rahasia mencapai karier sukses yang paling mendasar.
Rahasia mencapai karier sukses selanjutnya adalah menjadi seseorang yang memiliki inisiatif. Inisiatif di sini maksudnya adalah berani memulai tanpa diminta atau paksaan dari orang lain. Perusahaan atau instansi biasanya sangat menyukai orang yang berinisiatif.
Seseorang yang memiliki inisiatif sendiri berarti mempunyai kepercayaan diri yang tinggi. Perusahaan membutuhkan orang yang seperti itu.
Rahasia mencapai karier sukses berikutnya adalah saat mengalami kesulitan, tidak sungkan bilang membutuhkan bantuan. Ketika Anda sudah bekerja di sebuah perusahaan atau kantor, Anda pasti akan berhadapan dengan beberapa kesulitan yang biasa terjadi.
Jangan biarkan rasa gengsi Anda merusak pekerjaan Anda. Bahkan kita bisa menggali ilmu dari teman yang sudah berpengalaman dalam mengatasi kesulitan yang sering dijumpai di setiap pekerjaan.
Di tempat Anda bekerja, berusahalah untuk sebisa mungkin berkomunikasi dengan sesama karyawan. Bertegur sapalah karena mereka adalah keluarga Anda di kantor. Bahkan Anda menghabiskan lebih banyak waktu di kantor dibandingkan di rumah, bukan?
Anda juga bisa saling bertukar pikiran mengenai pekerjaan yang sedang Anda lakukan saat ini. Dengan begitu Anda pun akan mendapatkan wawasan dan solusi untuk menyelesaikan masalah.
Evaluasi diri begitu dibutuhkan untuk melihat kemampuan dan kelemahan yang Anda miliki. Ini rahasia mencapai karier sukses yang cukup krusial. Hal itu sangat bisa diterapkan ketika Anda berstatus karyawan di suatu perusahaan, Anda juga harus sering mengevaluasi diri Anda dalam bidang yang Anda tekuni.
Anda bisa mengevaluasi diri di pekerjaan Anda dengan cara mencapai beberapa target yang harus dikejar sesuai dengan tenggat waktu. Jika target gagal dicapai, Anda bisa mempelajari apa yang salah kemudian memperbaikinya.
Evaluasi diri adalah bahan pembelajaran terbaik. Sampai Anda sudah menjadi sosok yang sukses pun Anda perlu terus melakukan evaluasi diri. Anda memang bukan makhluk yang sempurna, tapi Anda bisa menjadi yang terbaik dari yang terbaik jika terus belajar dari kesalahan yang telah terjadi.
Baca Juga: Ide Bisnis yang Bisa Dicoba Bareng Pacar
Hal yang biasa terjadi di pekerjaan adalah mengalami kegagalan. Misalnya, gagal dalam mencapai target. Jika hal itu terjadi, Anda jangan berputus asa seakan-akan dunia sudah berakhir. Seharusnya Anda tarik napas dulu sejenak, lalu mencoba mencari tahu kenapa target itu gagal dicapai. Lalu, Anda bisa memotivasi diri untuk memperbaiki kegagalan tersebut.
Orang sukses pun dulunya sering mengalami kegagalan. Mereka berdiri untuk mencoba kembali, tanpa takut harus gagal berkali-kali. Ini rahasia mencapai karier sukses yang harus Anda tanamkan baik-baik di pikiran Anda.
Rahasia mencapai karier sukses yang lain adalah ketika Anda memiliki ide, maka sampaikan ide tersebut pada atasan Anda. Apalagi pada saat rapat dilakukan, biasanya membutuhkan banyak ide yang berasal dari karyawan kerja. Di sini Anda bisa menunjukkan eksistensi diri.
Dengan mengeluarkan ide yang sesuai kebutuhan perusahaan, Anda akan mendapatkan kepuasan tersendiri. Perusahaan menyukai karyawan yang aktif. Selain mendapatkan pengakuan dari perusahaan, ide Anda bisa menjadi alasan perusahaan Anda menjadi maju di masa depan.
Rahasia mencapai karier sukses yang tidak kalah penting selanjutnya adalah menetapkan tujuan. Selama ini Anda bekerja untuk apa? Jika Anda hanya mengejar materi saja, maka Anda pastinya tidak akan begitu enjoy dalam menuntaskan pekerjaan.
Lain ceritanya jika tujuan Anda bekerja adalah untuk kebebasan finansial di masa nanti, serta menjadikan pekerjaan sebagai hobi. Dapat dipastikan Anda akan lama berada di perusahaan tersebut.
Jika dalam bekerja Anda tidak memiliki tujuan, Anda akan melakukan rutinitas yang sama setiap harinya dan akan terasa lebih monoton. Anda pun akan merasa cepat bosan dengan pekerjaan Anda.
Mendapat kepercayaan dari atasan adalah hal yang diinginkan setiap karyawan. Apalagi kepercayaan itu akan membawa Anda ke posisi yang Anda inginkan. Misalnya, ingin memperoleh jabatan yang lebih tinggi sangat mudah didapatkan jika atasan mempercayai Anda.
Namun, hal itu bukanlah hal yang benar-benar mudah. Anda harus membuktikan bahwa Anda memang pantas dipromosikan dan diberi kepercayaan dengan prestasi kerja Anda.
Itulah rahasia mencapai karier sukses untuk Anda. Anda bisa mempraktikkannya sesuai dengan kata hati di kehidupan Anda sehari-hari. Sukses itu dimulai dari diri Anda sendiri.
Baca lebih banyak artikel di Blog Modal Rakyat