Gaya Hidup

8 Rekomendasi Podcast Indonesia yang Menarik untuk Milenial

Kabrina Rian Ferdiani-

27 Jan 2020

8 Rekomendasi Podcast Indonesia yang Menarik untuk Milenial

Podcast menjadi alternatif hiburan yang saat ini mulai digandrungi oleh anak muda. Media audio yang mirip radio ini bisa diakses lewat banyak aplikasi seperti Spotify, Soundcloud, atau aplikasi khusus podcast seperti Anchor dan Castbox.

Lalu, apa saja rekomendasi podcast menarik untuk para milenial? Berikut uraiannya untuk kamu.

 

Baca juga: Game Bisa Hasilkan Banyak Uang untuk Anda, Begini Caranya

 

Sudut Pandang

Rekomendasi podcast yang pertama adalah channel podcast milik Aria Notharia. Saluran ini akan membahas seputar kegelisahan-kegelisahan yang dialami oleh anak-anak milenial. Topik-topik yang diangkat dibawakan dengan santai dan penuh keceriaan anak muda.

Tidak jarang, Aria juga kerap mengajak podcaster lain untuk berkolaborasi bersamanya. Alih-alih berada dalam pembicaraan tanpa arah, kamu akan dibawa dalam sebuah percakapan terstruktur dan memotivasi. Setelah mendengarkan channel ini, kamu akan merasa seperti punya sahabat yang memahami permasalahan yang tengah kamu hadapi.

 

Makna Talks

Channel podcast yang dibawakan oleh Iyas Lawrence ini menjadi rekomendasi podcast  untuk milenial ini. Dengan konsep melakukan tanya jawab dengan public figure yang inspiratif, Makna Talks menjadi salah satu channel yang paling ditunggu-tunggu.

Maknal Talks sangat cocok untuk milenial yang ingin belajar bahasa Inggris karena banyak episode yang dibawakan dalam bahasa Inggris. Tidak perlu khawatir tidak bisa memahami pembicaraan dalam podcast yang satu ini sebab Iyas membawakannya dalam bahasa Inggris yang mudah dipahami.

Sampai saat ini, Makna Talks yang diprakarsai oleh Keenan Pearce dan Ernanda Putra selaku founder Makna Creative ini sudah memiliki hampir 100 episode. Jadi, apakah ini salah satu channel favorit kamu?

 

Do You See What I See

Berbeda dengan dua podcast sebelumnya, Do You See What I See memiliki genre yang berbeda. Bagi kamu yang sangat senang dengan horor, channel podcast ini akan menjadi favoritmu. Pasalnya, channel podcast ini berisi kumpulan cerita horor dari para pendengar.

Podcast ini akan dipandu oleh Mizter Popo. Kamu akan diajak untuk mendengar cerita-cerita yang bisa menyulut imajinasi liarmu. Cerita-cerita yang dibawakan dengan aura mistis akan membangkitkan bulu romamu dan membuatmu bergidik ngeri.

 

Podcast Rapot

Ingin waktu luangmu lebih ceria? Dengarkanlah Podcast Rapot yang dibawakan oleh Reza Chandika, Natasha Abigail, Radhini Aprilya, dan juga Ankatama Ruyatna ini. Topik-topik ringan yang dibawakan oleh empat host kocak ini akan membuat mood-mu kembali lebih ceria.

Podcast Rapot cocok kamu dengarkan ketika sedang suntuk terkena macet atau sembari mengerjakan pekerjaan rumah pada akhir minggu yang membosankan. Mendengarkan suara Reza, Abigail, Radhini, dan Anka yang kocak bisa membuatmu kembali ceria, bahkan tertawa lepas melupakan kebosanan yang sedang melingkupi.

 

Podcast Raditya Dika (PORD)

Kamu tentu sudah tidak asing dengan komedian, penulis buku, aktor sekaligus sutradara, Raditya Dika. Orang yang sudah sangat berpengalaman di dunia hiburan ini pun sangat tertarik dengan podcast dan memiliki channel miliknya sendiri bernama Podcast Raditya Dika atau PORD.

Radit senang mengundang bintang tamu dan berbicara mengenai banyak hal. Misalnya, ia mengajak istrinya, Anissa Aziza, untuk berbicara mengenai keuangan dalam rumah tangga. Ia juga pernah mengundang beberapa comica seperti Uus, musisi seperti Yura Yunita dan Ariel Noah, bahkan juga politikus seperti Effendy Ghazali.

Format talkshow yang dipilih oleh Raditya Dika ini sangat disenangi oleh para pendengar. Obrolan-obrolan seru bersama bintang tamu disisipi humor dan candaan a la Raditya Dika akan membuatmu betah berlama-lama mendengar PORD.

 

Asumsi Bersuara

Bagi kamu yang senang dengan informasi seputar politik, tentu sudah tidak asing lagi dengan channel Youtube gagasan Pangeran Siahaan dan Iman Sjafei, Asumsi. Tidak hanya berkarya di Youtube, kini Asumsi juga mulai merambah dunia podcast dengan channel bernama Asumsi Bersuara.

Tidak hanya berdialog mengenai isu-isu politik, Asumsi Bersuara juga kerap membahas mengenai culture pop dan juga current issue yang sedang hangat dibicarakan. Dipandu oleh Pangeran Siahaan dan Iman Sjafei, kamu akan mendapatkan informasi berita terkini baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

 

Subjective

Rekomendasi podcast untuk milenial selanjutnya adalah Subjective. Seperti namanya, Iqbal Hariadi akan berkomentar mengenai suatu hal secara subjektif. Podcast Iqbal ini sudah ada sejak tahun 2015. Mendengarkan podcast Subjective membuatmu merasa sedang mendengarkan opini dari teman nongkrongmu mengenai hal-hal yang sedang terjadi di kalangan anak muda.

 

Muda Cuma Sekali

Konten Podcast Muda Cuma Sekali sangat cocok untuk kamu, para mahasiswa, fresh graduate, dan juga para job seeker. Podcast ini membahas mengenai topik-topik yang bisa mengubah perspektifmu dan juga membuat dirimu menjadi lebih baik.

Dipandu oleh Ogut, kamu akan mendengarkan topik-topik seputar self-development, self-branding, dan juga passion. Setelah mendengarkan podcast ini, kamu akan bisa lebih memahami bagaimana harus menjalani masa muda yang hanya akan terjadi satu kali dalam hidupmu.

 

Nah, itu dia 8 rekomendasi podcast Indonesia untuk generasi milenial. Cukup banyak topik dan tema yang podcast Indonesia yang bisa kamu dengarkan. Kamu bisa memilih sesuai dengan referensi dan kesukaanmu. Jadi, mana podcast mana yang menurutmu paling menarik?

 

Baca juga: Mengenal Sindrom FoMO dan Cara Mengatasinya

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru