Bisnis

Membangun Bisnis Online dengan Teknik Marketing yang Tepat

Kabrina Rian Ferdiani-

09 Jun 2020

Membangun Bisnis Online dengan Teknik Marketing yang Tepat

Dalam melakukan pemasaran bisnis online memang diperlukan trik yang berbeda dibandingkan dengan teknik pemasaran konvensional. Tetapi bisnis yang dijalankan secara online memiliki kelebihan di masa sekarang karena para konsumen kini sudah mulai beralih pada media online karena lebih praktis. 

Di sisi lain, pesaing lain dalam menjalankan bisnis secara online juga makin marak. Maka dalam memulai bisnis online diperlukan keyakinan dan keteguhan hati dalam diri Anda. Ketakutan dan kekhawatiran tentu ada, namun jangan sampai membuat Anda tidak berani melewati persaingan dan tantangan dalam menjalankan usaha online. 

Tenang saja, dengan pengetahuan yang cukup mengenai usaha online Anda dapat menghadapi persaingan secara cerdik. Ketika memulai bisnis online saja, Anda sudah menemui tantangan untuk menarik pelanggan pertama. Meyakinkan mereka bahwa produk Anda berkualitas dengan media online memang memerlukan teknik tersendiri. 

Jangan panik, hal ini dapat diatasi dengan pengetahuan mengenai marketing online yang cocok sesuai dengan target produk dan pasar Anda. Maka dalam melakukan marketing di dunia bisnis online, ada perhitungan dan pertimbangan tersendiri. 

Ada beragam aspek yang perlu diperhatikan supaya produk Anda laris terjual. Anda dapat mempelajarinya melalui cara-cara berikut yang akan dibahas secara lebih rinci. Apa saja cara marketing yang cocok untuk keberlangsungan usaha online Anda?


Baca juga: Cara Cermat Menghitung Modal Usaha Anda

 

Pelayanan yang Komunikatif dan Ramah

Saat ini beragam platform untuk melakukan Bisnis online sudah disertai dengan fitur chat yang mempermudah komunikasi antara penjual dan pembeli. Dengan menggunakan media sosial, percakapan juga dapat dilakukan untuk menarik konsumen. Anda dapat membuat kalimat yang komunikatif serta informatif dalam menjelaskan produk untuk menarik konsumen.

Pemilihan media yang tepat juga menjadi faktor yang penting. Anda dapat memperkirakan, target pembeli Anda biasanya lebih aktif menggunakan media sosial apa saja. Di situlah tempat yang tepat untuk melakukan media promosi. 

Jangan lupa untuk mempertimbangkan karakter setiap media sosial. Cara berkomunikasi dengan para pengguna Instagram tentu berbeda dengan cara berkomunikasi dengan pengguna Facebook. Pintar-pintarlah untuk memilih kalimat yang sesuai dengan media Anda melakukan bisnis online. 

Jangan lupa untuk menyesuaikan dengan konten-konten yang menarik. Ada kalanya Anda membagikan konten menarik untuk media informatif pelanggan. Ada baiknya untuk menggunakan beberapa platform saja secara lebih spesifik untuk mempermudah para pelanggan.


Ketahui Unique Selling Proposition Bisnis Anda

Apa itu Unique Selling Proposition? Bagi Anda yang belum memahami, jangan khawatir. Secara sederhana, dalam melakukan pemasaran Bisnis online diperlukan untuk menonjolkan nilai keunikan dari produk bisnis Anda. Apa yang menjadi pembeda produk Anda dibandingkan dengan usaha online yang lain? 

Apa saja keunikannya? Dalam menentukan nilai keunikan dari bisnis Anda, perlu dilakukan observasi pasar pesaing bisnis di bidang yang sama. Anda perlu memperhatikan bagaimana mereka memperlakukan para pembeli, apa saja layanan yang mereka tawarkan kepada pelanggan. 

Serta bagaimana mereka memberikan penampilan produk yang dijual di toko online mereka. Anda harus mengerti apa saja kelebihan bisnis online pesaing. Apa yang menjadi nilai plus dari mereka di mata pelanggan? Apa saja yang kira-kira kelemahan mereka? 

Anda dapat mengambil celah untuk menyediakan pelayanan maupun produk yang sedikit berbeda dengan keunikan tersendiri untuk menarik pelanggan. Hal yang unik akan lebih menarik dan mudah diingat pembeli.


Bisa Gunakan Media Berbayar sebagai Marketing Tambahan

Ketika sudah melakukan beragam usaha promosi dalam menjalankan Bisnis online, ada kalanya pembelian terasa stagnan dan tidak berkembang. Mungkin perlu media iklan berbayar agar produk Anda bisa diiklankan lebih luas dan terlihat lebih profesional dibanding gunakan iklan gratis. 

Ada beragam pilihan iklan berbayar baik di Facebook maupun Instagram. Pelajari bagaimana cara teknisnya. Biasanya dengan melakukan iklan, para pelanggan baru akan datang kepada toko online Anda. Meskipun berbayar, sebetulnya biayanya tidak terlalu mahal. 

Dengan biaya kurang dari lima puluh ribu rupiah sehari, Anda akan dapat memperoleh ribuan calon pelanggan baru. Mereka mengetahui informasi produk Anda dengan boost iklan yang berbayar di media sosial mereka. Ternyata melalui sedikit usaha lebih, Anda dapat mengembangkan bisnis online melalui pelanggan-pelanggan baru dari iklan tersebut. 

Jika Anda tertarik untuk melakukan teknik marketing ini, perhatikan dengan seksama konten yang akan digunakan untuk promosi. Lakukanlah untuk meningkatkan kredibilitas toko dan produk Anda kepada pasar yang lebih luas. Bila produk Anda berkualitas dan dibutuhkan, pasti mereka akan membeli.


Selalu Siap Sedia di Dunia Maya

Kelebihan bisnis online di mata pelanggan adalah adanya respons yang cepat, mudah, serta transaksi bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Kemudahan teknologi ini memungkinkan Anda untuk siap sedia melayani pembelian dari para pelanggan kapan pun mereka membutuhkan. 

Pelayanan yang cepat tanggap dan ramah akan menjadi prioritas di mata pelanggan. Namun bagaimana bila waktu Anda terbatas? Tentu tidak mungkin jika Anda memantau segala platform online selama 24 jam? Untuk itu Anda perlu memahami betul-betul media mana yang paling optimal untuk melakukan pemasaran. 

Siapa target pasar Anda, apakah usia ibu-ibu atau pekerja kantoran, apakah usia remaja atau sudah dewasa? Pilih jam-jam tertentu untuk lebih aktif mengelola usaha online sesuai usia prioritas pembeli Anda. Jangan lupa memastikan akses menuju toko bisnis online Anda mudah dijangkau pembeli. 

Penting juga untuk melakukan pendaftaran email para pembeli sebagai sumber data yang bisa diperlukan untuk menarik mereka melalui informasi promosi. Selain itu, beri informasi lengkap mengenai produk yang Anda pasarkan tersebut dan cara mudah untuk mendapatkannya.

Dalam melakukan usaha online memang ada tantangan tersendiri. Jangan lupa untuk menikmati setiap tantangan yang ada. Setiap permasalahan pasti ada solusinya. Sebagai pondasi marketing untuk menarik pelanggan, empat teknik di atas layak dicoba baik untuk memulai dan juga mengembangkan bisnis online Anda.


Baca juga: Ide Bisnis Online yang Bisa Dilakukan dari Rumah

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru