Bisnis

Cara Melakukan Riset Pasar dengan Cara yang Benar

Kabrina Rian Ferdiani-

18 Jun 2020

Cara Melakukan Riset Pasar dengan Cara yang Benar

Memulai bisnis baru? Riset pasar akan membantu Anda menentukan apakah ada kebutuhan untuk apa yang Anda rencanakan untuk dijual dan menghindari kesalahan.

Baik Anda memulai bisnis baru, menambahkan layanan baru, atau mempertimbangkan perubahan besar lainnya pada bisnis Anda, riset pasar sangat penting. Meskipun ada beberapa pemilik usaha kecil yang melewatkan penelitian dan beroperasi pada pendekatan yang paling sederhana, melakukan hal itu sering membuang-buang waktu dan uang dan kadang-kadang menyebabkan kegagalan bisnis.


Baca juga: Lakukan Hal Ini Sebelum Anda Menulis Rencana Bisnis Anda


Apa itu Riset Pasar?

Anda mungkin pernah mendengar istilah itu sebelumnya tetapi definisi tersebut seringkali tidak lengkap. Riset pasar adalah waktu yang Anda habiskan sebelum memulai bisnis di mana Anda menganalisis tren pasar masa lalu untuk memutuskan apakah produk atau layanan Anda memiliki cukup permintaan.

Itu memang benar dan penting, tetapi riset pasar tidak boleh berhenti. Sebelum membuat keputusan bisnis besar, Anda harus melakukan riset pasar. Katakanlah Anda menemukan lokasi baru dengan ketentuan sewa yang lebih menguntungkan. Haruskah Anda bergerak berdasarkan harga saja? Seberapa besar kemungkinan pelanggan Anda saat ini mengikuti Anda?

Riset pasar juga melihat ke masa depan. Ketika Apple berinvestasi dalam pengembangan iPad, Apple sudah tahu bahwa konsumen menginginkan perangkat komputasi yang lebih kecil dan lebih ringan. Mereka juga tahu bahwa jika mereka Apple membuat iPhone lebih besar, konsumen akan membeli produk tersebut.

Ini semua berkat riset pasar perusahaan.


Cara Riset Pasar

Riset pasar harus melihat ke masa lalu, sekarang, dan masa depan untuk mempelajari tren konsumen. Begini caranya.

Lihatlah Ekonomi

Mungkin Anda bukan ekonom tetapi dengan sedikit riset, Anda bisa belajar membaca dan memahami laporan yang menguraikan indikator ekonomi, data pendapatan, dan statistik pekerjaan.

Jika ekonomi melemah, permintaan akan produk dan layanan kelas atas dapat berkurang. Jika pendapatan rata-rata tetap rendah, konsumen akan menuntut nilai tinggi dengan harga lebih rendah.

Investasikan dalam Publikasi Industri

Terlepas dari jenis bisnis yang Anda miliki, ada kelompok dagang yang menyusun statistik industri yang penting bagi bisnis Anda. Jika Anda bukan anggota grup perdagangan industri Anda, bergabunglah hari ini. Grup tidak hanya mengadvokasi atas nama Anda, mereka juga mungkin mempublikasikan statistik industri terperinci yang penting untuk membuat keputusan bisnis.

Beberapa dari laporan itu mahal tetapi jauh lebih mahal untuk berinvestasi dalam ide yang gagal. Juga, cari perusahaan riset yang mengikuti perusahaan publik yang terkait dengan Anda. 

Akhirnya, lakukan pencarian melalui Google. Periksa blog industri, majalah dagang, dan informasi berkualitas tinggi lainnya yang dapat Anda temukan. Banyak dari apa yang Anda temukan akan sia-sia tetapi beberapa akan sangat berharga. Materi itu layak mendapat bookmark di browser Anda.

Lihatlah secara Internasional

Jika Anda adalah bisnis lokal tanpa penjualan yang terjadi secara internasional, Anda masih dapat menggunakan riset pasar di luar perbatasan Indonesia.

Seorang tukang listrik mungkin tidak bepergian ke luar negeri untuk bekerja tetapi harga tembaga di pasar internasional dapat mempengaruhi harga kawat.

Seorang petani tahu bahwa permintaan internasional untuk biji-bijian mempengaruhi harga domestik dan seorang Makelar tahu bahwa pasar real estat global dapat mendorong lebih banyak pembeli asing ke Indonesia.

Mereka yang berada di ritel atau e-commerce mungkin menjual ke pasar global. Mereka harus tahu keadaan pasar global.

Lakukan Survei

Akhirnya, tanyakan pada publik. Lakukan survei online, tanyakan pendapat pelanggan Anda saat mereka membeli dari Anda, hubungi pelanggan lama, ajukan pertanyaan di media sosial, atau sewa perusahaan untuk melakukan riset untuk Anda.

Jika Anda mencari feedback langsung pada produk baru yang Anda rencanakan untuk dikembangkan atau layanan baru yang ingin Anda tambahkan, cara terbaik adalah melalui riset langsung dan pribadi. Itu membosankan tetapi akan membuahkan hasil.


Baca juga: 10 Kesalahan Finansial yang Paling Umum Dilakukan

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru