Finansial

Cara Mengatur Keuangan Pribadi dan Manfaatnya untuk Anda

Pretty Angelia Wuisan-

18 Apr 2022

Cara Mengatur Keuangan Pribadi dan Manfaatnya untuk Anda

Cara mengatur keuangan pribadi perlu dipahami setiap orang karena akan berpengaruh terhadap kondisi keuangan. Apalagi keuangan akan selalu berhubungan dengan kehidupan Anda.

Cara mengelola keuangan sebenarnya tidak rumit jika Anda mau mempelajarinya. Untuk memiliki kondisi keuangan yang selalu stabil, ini dia cara mengatur uang yang bisa Anda terapkan.


Baca juga: 10 Metode Mengatur Keuangan untuk Hidup Lebih Hemat


Bagaimana Cara Mengatur Keuangan Pribadi?

Metode mengatur keuangan itu ada banyak, beberapa di antaranya yang sering diandalkan adalah berikut ini.

  • Metode 50-30-20
  • Metode Kakeibo
  • Metode Budget Jar

1. Metode 50-30-20

Cara mengelola keuangan pribadi ini diprakarsai oleh Elizabeth Warren. Metode ini tidak rumit dan pasti langsung bisa Anda pahami.

Anda membagi penghasilan per bulan dalam bentuk persentase 50% untuk kebutuhan utama, 30% untuk berbagai keinginan, dan 20% sisanya untuk tabungan dan berinvestasi.

Kebutuhan utama terdiri dari makan dan minum sehari-hari, membayar pajak, membayar tagihan, asuransi, dan lainnya.

Berbagai keinginan seperti membeli barang elektronik terbaru, pergi berlibur, datang ke bioskop, dan lainnya.

Sisanya masuk ke dana untuk tabungan dan investasi yang juga harus dibedakan.

2. Metode Kakeibo

Cara mengatur keuangan pribadi dari Jepang ini menyarankan Anda menjawab beberapa pertanyaan sebelum mengeluarkan uang. Ini dia pertanyaannya.

  • Apakah barang yang ingin dibeli benar-benar Anda butuhkan?
  • Apakah Anda benar-benar punya uang yang cukup untuk membelinya?
  • Apakah membeli barang ini akan mendatangkan keuntungan pada Anda?

Dan pertanyaan lainnya, sebelum akhirnya Anda benar-benar yakin untuk mengeluarkan uang tersebut.

Dari sana Anda pun menuliskan hal-hal yang akan Anda lakukan di bulan ini beserta jumlah uang yang dikeluarkan dalam sebuah catatan. Dengan cara ini, Anda jadi menyadari penggunaan uang secara terperinci.

3. Metode Budget Jar

Metode manajemen keuangan pribadi ini mengharuskan Anda membagi budget bulanan jadi 6 jenis atau berapa saja sesuai kebutuhan. Anda pun membutuhkan 6 toples untuk diisi dengan uang yang digunakan untuk jenis kebutuhan itu.

Berikan label tujuan pemakaian uang pada toples agar pembagiannya jelas. Cara ini cocok dipraktikkan oleh Anda yang sering menggunakan uang tunai. Metode ini juga cocok sebagai cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil.


Bagaimana Tips Mengatur Keuangan Pribadi? 

Tips mengelola keuangan ini akan membantu Anda mencapai kondisi keuangan seimbang. Yuk, coba untuk diikuti.

  • Mempunyai catatan keuangan sehari-hari
  • Menyusun budget bulanan
  • Mendahulukan kebutuhan dibandingkan keinginan
  • Menghindari utang untuk kebutuhan konsumtif
  • Sediakan dana untuk asuransi
  • Sediakan dana darurat
  • Sediakan tabungan untuk gaya hidup hemat
  • Berinvestasi di instrumen legal

1. Mempunyai catatan keuangan sehari-hari

Cara mengatur keuangan pribadi ini adalah bagian dasar yang perlu Anda pahami. Setiap Anda mengeluarkan uang, langsung dicatat di buku khusus atau aplikasi.

Cara ini membuat Anda tahu ke mana saja uang digunakan dan akhirnya bisa melakukan efisiensi di bulan berikutnya ketika terlalu boros.

2. Menyusun budget bulanan

Cara berikutnya adalah melakukan budgeting untuk kebutuhan Anda setiap bulan. Pencatatan dilakukan sebelum bulan baru dimulai. 

Anda menuliskan kebutuhan dan keinginan apa saja yang akan dipenuhi di satu bulan itu. Jangan lupa sertakan estimasi uang yang akan dikeluarkan. Pastikan pendapatan lebih banyak dibandingkan pengeluaran.

3. Mendahulukan kebutuhan dibandingkan keinginan

Cara mengatur keuangan pribadi ini juga masih dasar, tapi punya manfaat yang besar. Dahulukan kebutuhan terlebih dulu. 

Ketika budget ternyata terlalu pas untuk kebutuhan, Anda bisa menunda keinginan di waktu nanti.

4. Menghindari utang untuk kebutuhan konsumtif

Jangan berutang untuk hal yang tidak mendesak, terutama untuk kebutuhan yang sifatnya konsumtif. Berutang mungkin bisa membantu, tapi tetap menjadi kewajiban. Anda pun harus membayarnya di kemudian hari. 

5. Sediakan dana untuk asuransi

Anda perlu memiliki asuransi penting seperti asuransi jiwa dan kesehatan. Minimal punya 1 asuransi pasti akan sangat membantu. Misalnya, asuransi kesehatan yang akan membantu Anda membayar pengobatan yang terbilang mahal.

6. Sediakan dana darurat

Dana darurat merupakan dana yang diperlukan untuk waktu darurat. Dana ini akan membantu Anda menyelesaikan masalah tidak terduga. Anda pun jadi bisa mengamankan dana untuk kebutuhan.

Dana darurat ditentukan dari banyaknya pengeluaran setiap bulan. Besarannya 6 kali hingga 12 kali pengeluaran Anda.

7. Sediakan tabungan untuk gaya hidup hemat

Anda juga perlu menyediakan rekening khusus tabungan. Tabungan Anda pasti akan berguna di masa nanti. Anda bisa menentukan jumlahnya secara pasti, kemudian rekening tabungan itu langsung diisi saat gajian.

Tips agar sukses menabung rutin, jangan menganggap tabungan sebagai uang sisa. Kalau seperti itu Anda jadi gagal menabung terus.

8. Berinvestasi di instrumen legal

Berinvestasi akan menguntungkan Anda mengingat bunga yang ditawarkan berlipat ganda. Sudah ada banyak pilihan investasi legal di Indonesia, jadi Anda tidak sulit memilih.

Anda bisa membuat dana bertambah melalui program pendanaan UMKM Modal Rakyat. Anda menyalurkan pinjaman modal pada UMKM untuk semakin berkembang.

Keuntungan untuk para pendana mencapai 18% per tahun.

Pendanaan di Modal Rakyat aman karena berizin secara legal dan mendapatkan pengawasan OJK.

Gunakan kode BLOG25 untuk memperoleh dana tambahan Rp25.000 saat melakukan isi saldo perdana. 


Apa Manfaat Memiliki Keuangan Pribadi yang Teratur?

Manfaat mengatur keuangan itu ada banyak. Ini dia penjelasannya.

  • Menerapkan hidup hemat
  • Terhindar dari utang
  • Tidak akan pernah merasa kekurangan
  • Bisa menyelesaikan masalah yang tiba-tiba datang
  • Hidup jadi lebih tenang
  • Bisa mewujudkan kebebasan finansial

1. Menerapkan hidup hemat

Mempunyai keuangan yang teratur akan membuat Anda terbiasa hidup hemat. Anda jadi lebih disiplin dalam mengeluarkan uang. 

Menghambur-hamburkan uang untuk kesenangan sesaat bukan lagi menjadi kebiasaan. Hal itu tentu akan menyelamatkan masa depan Anda.

2. Terhindar dari utang

Anda pun jadi tidak perlu berutang karena kebutuhan sudah tercukupi dengan pengaturan keuangan yang benar. Percayalah, hidup tanpa berutang itu menyenangkan.

Jangan tergiur dengan utang yang mudah dan tidak sesuai dengan kebutuhan. Utang hanya membuat beban Anda bertambah.

3. Tidak akan pernah merasa kekurangan

Dengan pengaturan keuangan yang baik Anda tidak akan merasa kekurangan. Hal itu karena Anda sudah mendahulukan kebutuhan di awal. Anda tidak perlu lagi ketakutan mengalami uang yang nyaris habis di pertengahan bulan.

4. Bisa menyelesaikan masalah yang tiba-tiba datang

Mengatur keuangan yang baik juga membantu Anda melewati masa-masa sulit. Hal yang tiba-tiba datang ini yang biasanya membuat rencana Anda gagal total.

Misalnya, tiba-tiba saja atap rumah Anda bocor parah dan harus segera diperbaiki. Dengan kehadiran dana darurat, Anda bisa menggunakannya untuk melakukan perbaikan. Anda jadi tidak perlu mengorbankan uang yang sudah direncanakan untuk keperluan lain.

5. Hidup jadi lebih tenang

Mahir mengatur keuangan juga bisa membuat Anda hidup lebih tenang. Kebutuhan Anda tercukupi, Anda tidak perlu panik dengan masalah yang datang tiba-tiba, dan Anda juga tidak perlu berutang.

Anda tidak harus menjadi orang kaya dulu untuk bisa seperti ini. Hidup sederhana dengan penggunaan keuangan yang tidak melebihi kemampuan justru bisa membuat Anda lebih sejahtera.

6. Bisa mewujudkan kebebasan finansial

Kebebasan finansial bisa diwujudkan dengan cara mengatur keuangan pribadi secara konsisten. Memang untuk mencapai hal itu butuh waktu yang tidak sebentar. Namun, apabila Anda terus berusaha mengatur keuangan dengan cermat, kebebasan finansial itu pun dapat Anda raih.


Baca juga: Kakeibo, Seni Mengatur Uang a la Orang Jepang


Kesimpulan

Demikian penjelasan mengenai cara mengatur keuangan pribadi. Setiap orang sebaiknya punya kemampuan ini karena akan berpengaruh terhadap kondisi keuangannya. Anda yang berhasil mengatur uang dengan benar akan bisa meraih berbagai tujuan keuangan sesuai keinginan.


Artikel Terkait
image image
Artikel Baru