Bisnis

Finansial

5 Cara Putar Uang 1 Juta dengan Bisnis dan Investasi

Pretty Angelia Wuisan-

21 Dec 2021

5 Cara Putar Uang 1 Juta dengan Bisnis dan Investasi

Jika Anda punya uang 1 juta yang belum Anda tahu akan digunakan untuk apa, jangan mendiamkannya atau malah menghamburkannya begitu saja. Anda perlu tahu cara putar uang 1 juta yang tepat supaya menghasilkan keuntungan dan membuat uang Anda bertambah.

Di sini akan dijelaskan cara memutar uang 1 juta dengan bisnis dan investasi. Yuk, disimak.


Baca juga: Lakukan Segmentasi Pasar untuk Bisnis! Ini 3 Manfaatnya

 

5 Cara Putar Uang 1 Juta dengan Berbisnis

Anda sangat mungkin berbisnis dengan uang Rp 1 juta. Ada berbagai jenis peluang usaha untuk Anda laksanakan. Ini dia memulai bisnis sebagai cara putar uang 1 juta.

  • Menjadi reseller
  • Membuka toko online
  • Membuka usaha catering
  • Membuka usaha minuman kekinian
  • Usaha lilin aromaterapi

1. Menjadi reseller

Salah satu cara memutar uang 1 juta adalah dengan memulai bisnis reseller. Jenis bisnis ini memudahkan Anda membuka usaha tanpa harus memproduksi barang sendiri.

Anda justru bisa membeli barang di toko lain, lalu menjualnya kembali untuk keuntungan Anda. Produknya sudah tersedia dan Anda tinggal memilih produk yang tepat.

Cara memilih produk yang ingin dijual, bisa dimulai dari produk yang Anda sukai atau Anda kenali. Dengan begitu, Anda pasti akan lebih mudah mengenalkannya ke para konsumen baru. 

2. Membuka toko online

Cara putar uang 1 juta yang layak dicoba adalah membuka toko online. Ada banyak produk yang bisa Anda jual.

Untuk memudahkan bisnis pertama ini, coba Anda jual barang-barang yang di dekat Anda seperti baju bekas, buku yang sudah tidak dibaca lagi, bisnis frozen food, dan lainnya.

Untuk menjadi pelaku usaha toko online, Anda perlu menyediakan platform sendiri untuk berjualan. Bisa menggunakan media sosial seperti Instagram atau marketplace

3. Membuka usaha catering

Untuk mengembangkan uang Rp1 juta yang Anda miliki, coba saja membuka usaha catering. Di usaha ini Anda membuat makanan home made dan ditawarkan pada orang-orang yang menginginkannya.

Anda bisa menawarkan usaha catering Anda pada acara-acara penting yang mengharuskan tersedianya makanan, pada perusahaan yang menyediakan makan siang untuk karyawannya, dan lainnya.

Tenang saja, Anda tidak harus bisa memasak. Untuk membuat makanan-makanan itu, Anda cukup mempekerjakan orang-orang yang mahir memasak.

4. Membuka usaha minuman kekinian

Ada juga membuka usaha minuman kekinian untuk cara putar uang 1 juta. Usaha ini memiliki potensi yang bagus mengingat masyarakat Indonesia menyukai minuman dengan berbagai rasa.

Minuman kekinian yang disukai adalah thai tea, kopi, kopi susu, minuman yang dicampur dengan keju, dan lainnya.

Untuk mengubah cita rasa minuman yang sudah ada, Anda bisa berkreasi sendiri sehingga rasanya lebih otentik. 

Anda perlu lokasi strategis supaya jualan Anda ini laku. Coba buka usahanya di wilayah sekolah, dekat supermarket, atau lokasi lainnya yang dilalui banyak orang.

5. Usaha lilin aromaterapi

Usaha kekinian satu ini bisa jadi cara putar uang 1 juta yang Anda coba. Lilin aromaterapi biasanya digunakan untuk mengharumkan ruangan atau membuat suasana jadi lebih tenang.

Anda bisa menyediakan lilin satuan atau digabungkan menjadi package yang bisa diberikan sebagai hadiah. 

Usaha lilin ini bisa dijalankan secara online. Anda pun akan meraih konsumen secara luas. Untuk bisa membuat lilinnya sendiri, Anda perlu mengikuti pelatihan terlebih dulu. 


5 Cara Putar Uang 1 Juta dengan Investasi

Selain membuka usaha, Anda juga bisa memutar uang Rp1 juta dengan berinvestasi. Terlebih ada beberapa instrumen investasi yang dimulai dari modal minim. Ini di daftarnya.

  • Investasi emas
  • Reksa dana
  • P2P Lending
  • Investasi saham
  • Deposito

1. Investasi emas

Jenis investasi pertama yang bisa diandalkan untuk memutar uang Rp1 juta adalah investasi emas. Dengan uang segitu, Anda bisa membeli 1 gram emas asli.

Emas itu dapat Anda jual nanti ketika Anda merasa perlu menjualnya. Tunggu sampai harganya naik. 

Untuk berinvestasi emas, Anda perlu membeli emas di tempat-tempat resmi. Hindari membeli emas dari individu yang keasliannya tidak bisa dipertanggungjawabkan. 

2. Reksa dana

Investasi reksadana sebenarnya bisa dimulai dari modal ratusan ribu. Reksa dana adalah instrumen yang memungkinkan modal Anda disebar ke berbagai macam efek seperti saham, obligasi, dan surat berharga yang hadir di pasar uang.

Tidak perlu khawatir soal penyebaran modal itu karena yang mengaturnya adalah manajer investasi. Investasi ini cocok untuk pemula karena ada pihak yang membantu Anda untuk mengelola modalnya.

Ada berbagai reksa dana yang dapat dipilih, yaitu pasar uang, pendapatan tetap, ETF, campuran, dan saham.  

3. P2P lending

Peer-to-peer lending adalah cara putar uang 1 juta yang bisa jadi pilihan. Dengan mendanai UMKM yang memerlukan dana untuk usahanya, Anda bisa meraih keuntungan.

Saat ini banyak P2P lending yang menjadi andalan, tapi hanya yang punya predikat legal dari OJK yang dapat dipercaya, salah satunya adalah Modal Rakyat.

Modal Rakyat memudahkan para pendana dengan mendanai dari Rp25.000. Keuntungan yang bisa Anda raih sampai 18%. 

Pakai kode promo BLOG25 supaya Anda memperoleh Rp25.000 gratis pada top up pertama.

4. Investasi saham

Saham sejak dulu menjadi instrumen investasi yang menguntungkan. Dengan uang Rp 1 juta, Anda sudah sangat mungkin memulai investasi saham.

Sebelum terjun ke investasi saham, Anda perlu memilih dulu mau melakukannya dalam jangka waktu panjang atau untuk jangka waktu yang pendek.

Dengan begitu, Anda bisa memilih jenis saham yang cocok untuk masing-masing jangka waktu investasi. 

Jangan lupa memilih platform saham yang sudah berizin OJK karena hanya itu yang bisa dipercaya.

5. Deposito

Deposito termasuk instrumen investasi yang mudah dilakukan tanpa harus analisis ini dan itu. Anda hanya perlu memilih bank terpercaya untuk menyimpan dana selama beberapa tahun.

Sekarang ada beberapa bank yang memungkinkan Anda memulai deposito di angka Rp1 juta. Potensi bunga yang Anda raih adalah 4% hingga 5%. 

Jangan lupa dengan aturan deposito, yaitu Anda boleh saja mengambil uang sebelum tenor habis, tapi Anda bisa dikenai denda dan tidak akan mendapatkan bunga deposito.


Baca juga: 10 Cara Menghasilkan Uang 200 Ribu per Hari, Layak  Dicoba!


Kesimpulan

Ada banyak pilihan untuk Anda memutar uang Rp1 juta. Bisnis dan investasi sama-sama menguntungkan. Anda tinggal memilih yang paling Anda pahami. Jangan lupa untuk melakukan perencanaan matang supaya bisnis dan investasi berjalan lancar.



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru