Finansial

Cara Trading Crypto bagi Pemula dan Aplikasi yang Digunakan

Pretty Angelia Wuisan-

15 Aug 2022

Cara Trading Crypto bagi Pemula dan Aplikasi yang Digunakan

Trading crypto merupakan salah satu cara untuk meraih cuan. Siapa saja bisa melakukannya termasuk pemula. Cara trading crypto bagi pemula itu mudah untuk diikuti.

Anda yang belum tahu tentang cryptocurrency dan ingin mencobanya, ini dia pengertian cryptocurrency trading dan cara yang perlu Anda ketahui untuk lancar bertransaksi di pasar crypto.


Baca juga: Kelebihan Online Trading dan Jenisnya yang Menguntungkan


Apa itu Trading Crypto?

Trading crypto adalah aktivitas menjual dan membeli aset mata uang digital yang tersedia di pasar cryptocurrency yang tujuannya adalah untuk memperoleh keuntungan maksimal.

Cryptocurrency saat ini dipilih sebagai aset untuk trading karena fluktuasinya yang begitu tinggi.

Bagi yang pertama kali melakukannya, Anda harus tahu cara trading crypto bagi pemula yang benar agar bisa beraktivitas secara lancar.

Hal pertama yang perlu disiapkan untuk trading crypto Indonesia, Anda membutuhkan aplikasi trading crypto yang tersedia. Fasilitas yang mereka berikan akan membuat Anda lebih aman untuk masuk di pasar kripto yang berlaku secara global.


Pasar Crypto Tutup Jam Berapa?

Pasar crypto selama ini tidak pernah tutup. Tidak seperti pasar saham yang ada jadwal tertentu, pasar crypto buka setiap saat. Itulah yang membuat transaksi terus berjalan. Apalagi pasar crypto itu penggunanya berada di seluruh dunia, sehingga tidak pernah sepi transaksi.

Anda pun bebas kapan saja masuk ke pasar kripto, jadi tidak mengganggu aktivitas utama seperti bekerja. Anda sangat mungkin masuk ke pasar kripto di hari weekend.

Namun, agar tidak ketinggalan momen penting, Anda perlu mengikuti berita cryptocurrency di internet. Dengan begitu, Anda jadi bisa memberikan keputusan yang tepat terkait kegiatan trading Anda.


Bagaimana Cara Trading Crypto bagi Pemula?

Anda yang penasaran untuk melakukan trading crypto pertama kali, harus tahu dulu cara trading crypto bagi pemula di bawah ini. Dengan begitu Anda jadi paham apa saja yang harus dipersiapkan sebelum memasuki pasar kripto.

  • Memilih aplikasi trading crypto yang legal
  • Perhatikan syarat depositnya
  • Memilih koin atau token crypto yang Anda senangi
  • Lakukan transaksi beli terlebih dulu
  • Belajar analisis teknikal untuk mengambil keputusan tepat
  • Lakukan pemantauan secara berkala

1. Memilih aplikasi trading crypto yang legal

Cara trading crypto bagi pemula yang penting adalah memilih aplikasi yang legal. Maksud legal di sini adalah aplikasi tersebut keberadaannya sudah memperoleh izin legal dari BAPPEBTI.

Walaupun banyak iklan yang berseliweran di internet, aplikasi trading tersebut belum tentu legal. Untuk mengeceknya, biasanya pihak aplikasi akan memunculkan logo BAPPEBTI di situs web dan bagian depan aplikasi. 

Setelah itu Anda perlu melakukan pendaftaran. Ikuti prosedur yang diberikan aplikasinya. Akun Anda biasanya aktif dalam 24 jam.

2. Perhatikan syarat depositnya

Anda yang pemula sangat bisa memulai trading kripto dengan modal murah meriah. Untuk itu Anda perlu mengecek dulu syarat depositnya. 

Ada aplikasi yang syarat depositnya murah, ada juga yang sedang. Tentu aplikasi yang syarat depositnya mudah yang cocok untuk pemula seperti Anda. 

Minimal deposit ini berbeda dengan biaya per transaksi. Anda juga perlu mengecek berapa biaya transaksi masing-masing aplikasi.

3. Memilih koin atau token crypto yang Anda senangi

Ada ribuan koin atau token crypto yang bisa Anda pilih untuk mendulang cuan. Namun, Anda tetap perlu selektif dalam memilihnya. 

Misalnya, Anda memilih cryptocurrency yang paling sering ditransaksikan atau yang paling murah harganya. Kriterianya terserah Anda, asalkan koin dan token tersebut juga sudah legal keberadaannya di Indonesia.

4. Lakukan transaksi beli terlebih dulu

Cara trading crypto bagi pemula selanjutnya adalah melakukan pembelian pada koin atau token yang Anda senangi. Pembelian dilakukan dengan modal yang sudah didepositkan.

Tidak masalah Anda ingin memulainya dari modal kecil. Nanti Anda bisa menambah modalnya seiring waktu.

5. Belajar analisis teknikal untuk mengambil keputusan tepat

Analisis teknikal sangat dibutuhkan untuk trading. Analisis ini membantu Anda memetakan pergerakan harga koin atau token yang telah dipilih. 

Memang di awal agak sulit untuk mempelajarinya karena banyak istilah yang mungkin Anda tidak pahami. Coba baca artikel tentang cara analisa cryptocurrency untuk mendapatkan bayangan awal.

6. Lakukan pemantauan secara berkala

Anda memang tidak perlu masuk ke pasar kripto setiap hari, tapi tetap harus melakukan pemantauan. Alasannya karena pasar cryptocurrency itu sangat dinamis. Terkadang sulit untuk memprediksi yang terjadi ke depannya. Untuk itu Anda jangan sampai lewat untuk melakukan pemantauan.


Apa saja Aplikasi Trading Crypto?

Aplikasi trading crypto terbaik sangat mudah Anda temukan. Di bawah ini adalah aplikasi trading kripto yang bisa Anda pilih.

  • Indodax
  • Zipmex
  • Pintu
  • Tokocrypto 

1. Indodax

Merupakan platform aplikasi mata uang kripto yang hadir di Indonesia pada tahun 2014. Anda bisa mengunduh aplikasinya secara gratis di ponsel. Anda bisa menemukan berbagai koin dan token di aplikasinya seperti Bitcoin, Dogecoin, The Sandbox, dan lainnya.

2. Zipmex

Aplikasi ini lahir terlebih dulu di Singapura, hingga akhirnya masuk ke Indonesia. Pengunduhannya juga gratis. Anda bisa menemukan Bitcoin, Litecoin, Binance Coin, dan berbagai macam koin ternama lainnya untuk menghasilkan cuan.

3. Pintu

Baru muncul di publik tahun 2019 lalu, aplikasi ini sudah menarik perhatian banyak orang. Anda bisa dengan mudah menemukan aset kripto populer karena tersedia daftarnya. Ada juga fitur belajar untuk Anda yang baru di pasar kripto.

4. Tokocrypto 

Aplikasi ini menyediakan fitur jual beli mudah untuk para pengguna. Koin dan token yang tersedia juga beragam. Anda bahkan bisa membeli token buatan Tokocrypto yang termasuk cryptocurrency buatan Indonesia, yaitu Toko Token.


Baca juga: Binary Option: Pengertian dan Bedanya dengan Trading


Kesimpulan

Itu dia pengertian dan cara trading crypto bagi pemula yang bisa Anda pelajari. Jangan ragu untuk memulai dari nol. Para trader dan investor yang sudah sukses pun memulainya semuanya dari awal. 


Keuntungan Menarik Bisa Didapatkan dari P2P Lending Modal Rakyat 

Tidak hanya di pasar kripto, Anda juga bisa memperoleh keuntungan dari P2P Lending Modal Rakyat. Caranya adalah dengan menjadi pendana untuk UMKM yang memerlukan modal di usahanya.

Modal untuk pendanaan mulai dari Rp500 ribu dan keuntungannya berpotensi sampai 18% per tahun.

Modal Rakyat itu aman karena sudah berizin OJK dan diawasi. Anda pun bisa mendanai dengan aman. Lakukan pendanaan sekarang juga melalui Modal Rakyat dan raih keuntungannya!



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru