Gaya Hidup

Bisnis

Rekomendasi Film Tentang Bisnis yang Memotivasi

Brigitta Winasis-

03 Sep 2021

Rekomendasi Film Tentang Bisnis yang Memotivasi

Ada beberapa film tentang bisnis yang baik untuk Anda tonton sebagai motivasi. Tidak hanya sekedar film, bahkan mungkin Anda sedang memegang atau menikmati produk dari beberapa kisah film berikut ini. Beberapa film bertema bisnis berikut ini diangkat dari kisah nyata para pengusaha sukses dan penemu di dunia.

 

Pursuit of Happiness (2006)

Anda mungkin sudah mengenal beberapa sin dari film yang dibintangi Will Smith ini karena sering bermunculan di beranda media sosial. Film ini mengisahkan tentang kegagalan karyawan perusahaan yang akhirnya memutuskan untuk berwirausaha atau menjadi entrepreneur. Meskipun dalam judulnya ada kata happiness, namun siapkan tisu untuk menonton film motivasi bisnis ini. 

Dalam film ini dikisahkan tentang seorang salesman yang tidak memiliki performa baik, bahkan bangkrut. Lebih dari itu, dia ditinggal pergi oleh sang istri. Film ini mengajarkan pada calon pengusaha bahwa sesuatu yang instan tidak ada hubungannya dengan kesuksesan.

 

Joy (2015)

Film ini mengisahkan tentang Joy Mangano, seorang perempuan yang memiliki 100 hak paten atas penemuannya. Joy berhasil mendapatkan jutaan dolar Amerika dengan cara menjual produk miliknya di sebuah home shopping.

Di dalam film ini dikisahkan pentingnya peran orang terdekat dan keluarga sendiri untuk memberikan semangat dan dukungan. Joy Mangano yang dalam kisahnya harus jatuh bangun menjalani bisnisnya, akhirnya sukses karena selalu dikuatkan oleh keluarga.

 

The Social Network (2010)

Siapa yang tak kenal Facebook? Media sosial yang mengubah wajah internet dunia ini dibangun oleh seorang anak muda bernama Mark Zuckerberg. Meskipun sedikit kontroversial, kisahnya itu difilmkan dalam judul The Social Network.

Dalam film ini dikisahkan bahwa Mark Zuckerberg sempat berselisih dengan beberapa pihak karena perebutan hak paten Facebook. Dia juga sempat bertengkar dengan teman yang awalnya mendukung dan mendanai proyek Facebook ini. Namun, seperti yang terjadi hari ini, film ini diakhiri dengan ending bahagia. 


Baca Juga: Kumpulan Kata Motivasi Kerja Keras untuk Karier yang Sukses

 

MoneyBall (2011)

Kisah inspirasi bisnis dari film ini menarik karena dibumbui dengan nuansa olahraga. Film tentang bisnis ini cocok untuk membangkitkan motivasi dalam membangun tim yang kuat.

Film ini bercerita mengenai tim olahraga baseball yang kesulitan untuk berkembang karena banyak pemain bintangnya dibeli oleh tim besar. Aktor Brad Pitt yang berperan sebagai manajer tim baseball tersebut akhirnya mencari para pemain baseball yang awalnya tidak dipandang berpotensi. Karena ketekunan sang manajer, akhirnya pemain-pemain kelas dua tersebut menjadi punya mental juara.

 

The Wolf of Wall Street (2013 )

Film tentang bisnis ini mengisahkan tentang Jordan Belfort yang berusaha keras dalam hidupnya untuk mencapai kekayaan. Dalam film ini dikisahkan bahwa Jordan Belfort bahkan menjadi seorang penipu dan dan tukang suap. Dengan berbagai intrik di dalamnya, FBI meluluhlantakkan bisnis haram Jordan Belfort.

Film tentang bisnis ini memotivasi bahwa segala kesuksesan yang dilakukan menggunakan cara curang dan berisiko hukum tidak dapat berlangsung lama. Salah satu quotes yang akan terngiang dari film ini adalah “Jika kamu ingin kaya, jangan menyerah”.

 

Margin Call (2011)

Tidak hanya memotivasi soal dunia bisnis, film ini menegangkan dengan setting unik. Setting waktu yang diambil oleh film Margin Call adalah sehari sebelum terjadinya krisis ekonomi di wilayah Amerika Serikat tahun 2008. Film yang mengangkat kisah nyata ini memberikan gambaran kepada penonton mengenai siapa dan seperti apa saja aktor yang menjadikan bisnis rumahan di Amerika Serikat bisa runtuh.

Anda akan mendengarkan sebuah kalimat yang berbunyi, “Ada 3 jalan untuk tetap bertahan di dalam sebuah bisnis, yaitu menjadi yang tercepat, yang terpintar, dan curang”. 

 

Pirates of Silicon Valley (1999)

Dua orang tokoh paling mengubah dunia dalam peranan teknologi adalah Steve Jobs dan Bill Gates. Kedua sosok ini diangkat dalam film berjudul Pirates of Silicon Valley. Silicon Valley sendiri adalah nama daerah di Amerika Serikat yang menjadi basis berbagai perusahaan teknologi dunia.

Film ini akan mengisahkan tentang berdirinya dua raksasa perusahaan teknologi, yaitu Microsoft dan Apple. Penonton akan dibuat takjub dengan berbagai drama, konflik, dan paparan ide dari tokoh utama yang ada dalam film ini. Salah satu kalimat yang akan Anda ingat adalah, “Artis yang baik akan meniru, artis yang mengagumkan akan mencuri ide”.

 

Stand Up (2015)

Yang satu ini bukanlah film, melainkan serial televisi. Meskipun begitu, inspirasi dan motivasi bisnis yang diangkat serial ini sangat direkomendasikan untuk Anda tonton. Film bertema bisnis ini mengisahkan perjuangan Tom dan Kaleil, dua teman yang saling melengkapi dalam membangun bisnis.

Sedikit kisah, dua orang sahabat tersebut memiliki ide tentang membuat sebuah website yang dapat digunakan oleh masyarakat untuk bertransaksi dengan pemerintah. Film ini akan menyampaikan kepada Anda mengenai peran penting dalam membangun bisnis, seperti Kaleil yang berperan mencari sumber dana sementara Tom melakukan kegiatan teknis.

Film ini tidak diangkat dari kisah nyata, tetapi berbagai konflik yang ada di dalamnya sangat relatable dengan hal-hal yang dihadapi oleh para pengusaha di manapun.


Baca Juga: 10 Tips Agar Berhasil Meraih Kesuksesan

 

The Founder (2016)

Hampir seluruh orang di dunia mengenal merek dagang McDonald. Anda bisa menyaksikan kisah hidup dan perjuangan Richard serta Maurice McDonald yang berusaha keras untuk mendirikan restoran cepat saji bernama McDonald dengan menonton film ini.

Seperti yang terjadi hari ini, McDonald telah tersebar di berbagai penjuru dunia. Semangat usaha yang diawali dengan ide bisnis sederhana ini bisa Anda tiru. Anda mungkin juga akan termotivasi dengan kalimat yang menjadi slogan dalam film ini, yaitu “Kami tidak menjalankan bisnis hamburger, kami menjalankan bisnis pertunjukan”. 

 

The Startup Kids (2012)

Film tentang bisnis ini sangat cocok ditonton oleh para pengusaha muda. Dengan gaya dokumenter, film ini menceritakan tentang banyak anak muda di daratan Eropa dan Amerika memberanikan diri untuk menjalani bisnis di dunia digital.

Jika Anda mengenal beberapa platform seperti SoundCloud, Vimeo, dan juga Dropbox, Anda akan paham bagaimana platform tersebut didirikan. Di film ini, Anda akan mendapati wawancara pendiri sekaligus penemu 3 platform tersebut.

Karena film ini bergaya dokumenter, Anda akan mendapatkan banyak pelajaran langsung dari berbagai founder startup di dunia. Banyak pelajaran mengenai environment startup yang dibagikan dalam film ini.

 

Ctrl + Alt + Complete (2011)

Bagi Anda yang tertarik dalam bisnis dunia digital, film ini wajib untuk ditonton. Dari film ini, Anda akan mendapatkan motivasi mengenai environment dalam bisnis digital. Film ini juga akan membuka wawasan mengenai proses bisnis yang ada di berbagai belahan dunia.

 

Membangun Bisnis Menggunakan Modal dari Modal Rakyat 

Modal untuk memulai bisnis ini bisa Anda dapatkan dari Modal Rakyat. Dengan semangat gotong royong, Modal Rakyat membantu pelaku usaha untuk mengembangkan bisnis dan membantu pemilik dana untuk mengembangkannya menjadi lebih potensial.

Modal Rakyat adalah medium yang akan mempertemukan pelaku usaha dengan pemilik modal terpercaya. Untuk mendapatkan informasi lebih banyak mengenai permodalan dari Modal Rakyat, klik link berikut ini.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru