Gaya Hidup

Finansial

6 Film Tentang Keuangan yang Bikin Melek Finansial

Pretty Angelia Wuisan-

29 Sep 2021

6 Film Tentang Keuangan yang Bikin Melek Finansial

Film tentang keuangan ini akan membuat Anda memiliki pengetahuan tentang keuangan di bidang investasi atau bisnis. Ada film yang berdasarkan kisah nyata, sehingga bisa juga membuat Anda termotivasi jadi sukses seperti mereka. 

Walaupun film-film ini menceritakan kisah yang serius, tapi Anda akan tetap betah menonton karena pengemasan ceritanya yang menarik, bahkan ada yang menambahkan adegan komedi, sehingga Anda juga bisa tertawa sepanjang menonton film. Inilah film tentang keuangan yang bisa membuat Anda jadi lebih paham tentang keuangan.


Baca juga: Rekomendasi Film tentang Bisnis yang Memotivasi



1. The Pursuit of Happyness

Film ini punya kisah luar biasa karena diangkat dari kisah nyata. Film ini bercerita tentang jalan hidup Chris Gardner (Will Smith) yang berusaha bertahan hidup, walaupun hidup miskin. Ia yang tidak punya pekerjaan tetap, awalnya menjadi sales untuk alat kesehatan.

Namun, alat kesehatan itu penjualannya gagal total sampai membuatnya tidak punya penghasilan. Ia ditinggal istrinya, tidak punya rumah, dan akhirnya hidup di rumah susun gratis untuk tunawisma yang disediakan pemerintah Amerika Serikat sana.

Hidupnya berubah ketika ia memutuskan untuk ikut pelatihan jadi pialang saham. Dengan usaha keras yang dijalaninya, ia menjadi satu-satunya orang yang berhasil lolos di pelatihan itu, kemudian mendirikan usahanya sendiri.


2. Confession of a Shopaholic

Film tentang keuangan ini bercerita tentang jurnalis, Rebecca Bloomwood yang punya hobi shopping berlebihan menggunakan kartu kreditnya. Ia sampai menunggak pembayaran hingga berbulan-bulan dan akhirnya diburu oleh banyak debt collector.

Pasalnya Rebecca walaupun banyak utang, ia tidak bisa menahan diri untuk berbelanja. Apalagi ketika melihat barang cantik yang disukainya. Berapapun harganya, pasti akan dibelinya.

Film ini disuguhkan dengan kisah komedi dan percintaan yang romantis. Film ini mengajarkan pada Anda untuk bijak dalam menggunakan kartu kredit dan bagaimana cara membayar utang yang banyak.


3. The Wolf of Wall Street

Film tentang keuangan ini berkisah mengenai Belfort yang membagun perusahaan investasi kecil menjadi terpandang. Sikapnya yang serampangan, senang menghamburkan duit, sampai suka seenaknya, membuat hal itu menjadi daya tariknya. Ia pun harus berurusan dengan FBI yang mencurigainya.

Walaupun ia tampak serampangan, ia pintar membaca kondisi pasar dan mencari peluang yang tepat untuk keberhasilan perusahaannya. Itulah yang menjadikannya mampu mempertahankan perusahaannya, walaupun masalah datang dari mana-mana.


4. The Big Short

Krisis keuangan Amerika Serikat tahun 2008, menjadi latar belakang film tentang keuangan seru yang berjudul The Big Short. Anda akan melihat bagaimana perjuangan para tokohnya dalam menghadapi krisis gawat yang membuat banyak perusahaan kolaps.

Hal ini diawali dari tokoh bernama Burry yang memprediksi Amerika Serikat akan mengalami krisis dari perhitungan yang dilakukannya. Ia adalah seorang fisikawan yang tertarik dengan dunia ekonomi. Namun, tidak ada yang percaya ucapannya, sampai terbukti benar. 

Bagi Anda yang tertarik dengan investasi properti, wajib nonton film ini. Di sini Anda akan melihat berbagai cara yang para pengusaha lakukan untuk menjaga perusahaan mereka agar tidak jatuh ke jurang kerugian.


5. Margin Call

Untuk Anda yang senang dengan film berbau thriller, film tentang keuangan ini akan menyuguhkan cerita yang Anda inginkan. Selain banyak istilah keuangan, film ini juga akan membuat Anda deg-degan saking seriusnya masalah si tokoh utama.

Film ini juga berkisah tentang awal dari krisis tahun 2008 yang membuat banyak perusahaan tutup. Film ini akan memperlihatkan perjuangan para pekerja di bidang perbankan dalam mempertahankan gejolak keuangan yang dialami perusahaannya. 


6. Joy

Joy juga diangkat dari kisah nyata seorang pengusaha bernama Joy yang menciptakan alat kebersihan pel yang awalnya tidak menarik banyak pembeli. Namun, karena desainnya yang canggih dan promosi yang tepat, membuat Joy akhirnya menjadi pengusaha kaya raya.

Awalnya Joy adalah seorang karyawan biasa yang sudah menikah dan punya anak. Hanya saja ia muak melihat suaminya di rumah terus, kemudian mereka pun bercerai. Joy berhenti dari pekerjaannya dan mendesain kain pel kekinian yang membuat orang tidak perlu berbasah-basahan. Lalu, tercipta lah kain pel yang disebut dengan mop pel.

Produk ini tidak laku di awal dan membuatnya nyaris bangkrut. Joy terus berusaha mencari cara agar produknya laku di pasaran. Ia pun bernegosiasi dengan investor yang kemudian bersedia meminjamkan dana padanya.

Produknya laku di pasaran dan akhirnya Joy menjadi investor juga untuk para wanita yang punya ide bisnis.


Baca juga: Rekomendasi 13 Buku Pengelolaan Keuangan untuk Anda


Itulah film tentang keuangan yang menarik untuk diikuti. Di film ini Anda akan bisa melihat realita dunia keuangan yang kompleks dan terkadang membuat pusing. Namun, apabila berhasil mengelolanya dengan baik, maka akan menjadi pencapaian yang menyenangkan.


Raih Keuntungan Menarik dengan Menjadi Pendana di P2P Lending Modal Rakyat

Ayo bantu pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk mendapatkan modal usaha dan raih keuntungannya.

Dengan modal mulai Rp25.000 saja Anda sudah bisa memberikan akses pinjaman modal bisnis untuk UMKM di Indonesia melalui Modal Rakyat. Selain itu, Anda dapat meraih imbal hasil hingga 18% per tahun.

Gunakan kode promo BLOG25 dan mendapatkan saldo gratis Rp25.000 untuk mulai mendanai. Hubungi customer service kami melalui email di cs@modalrakyat.id  untuk mengetahui syaratnya lebih lanjut. Follow Instagram Modal Rakyat di @modalrakyatid untuk mendapatkan update terbaru dari kami.



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru