Bisnis

Manfaatkan Instagram Bisnis untuk Strategi Pemasaran Optimal

Pretty Angelia Wuisan-

25 Aug 2021

Manfaatkan Instagram Bisnis untuk Strategi Pemasaran Optimal

Instagram merupakan social media yang awalnya digunakan untuk hiburan. Terutama untuk mereka yang hobi fotografi dan mempublikasikannya ke banyak orang. Namun, sekarang Instagram tidak lagi digunakan untuk hiburan. Tersedianya fitur Instagram bisnis membuat Instagram juga bisa dipakai untuk berbisnis.

Kegiatan bisnis seperti apa yang bisa Anda lakukan pada akun Instagram bisnis? Di sini akan dijelaskan lebih banyak mengenai Instagram bisnis, manfaatnya, cara membuat Instagram dengan fitur bisnis, dan tips mengoptimalkannya.

 

Baca juga: Lengkap! Inilah Cara Mendapatkan Uang dari Instagram

 

Apa itu Instagram Bisnis?

Instagram memiliki berbagai macam fitur yang dapat Anda manfaatkan untuk bisnis. Salah satu manfaatnya adalah pemasangan iklan atau promosi untuk mengoptimalkan digital marketing bisnis Anda. Nah, untuk bisa menjalankan iklan tersebut Anda harus mengatur akun Instagram Anda menjadi Instagram bisnis (IG bisnis).

Fitur Instagram khusus bisnis ini lebih lengkap dibandingkan yang personal atau pribadi. Di Instagram untuk bisnis ini, Anda akan lebih mudah mengatur iklan seperti mengatur target demografi, budget yang Anda tetapkan, dan melakukan analisis apakah iklan sudah sesuai target atau tidak.

Usaha besar maupun kecil bisa memanfaatkan fitur ini. Budget yang Anda keluarkan pun ditetapkan sendiri, jadi bebas di angka berapa saja. Semakin banyak budget yang Anda siapkan, iklan yang Anda pasang di Instagram akan semakin banyak menjangkau orang.

Anda bisa melihat contoh iklan dari perusahaan-perusahaan ternama yang muncul di linimasa Anda. Itu berarti Anda termasuk ke target iklan mereka.

Atau Anda bisa juga menggunakannya untuk personal branding bagi yang ingin menjadi influencer. Dengan memanfaatkannya, pengikut Anda dapat bertambah dalam waktu singkat.

 

Manfaat Instagram Bisnis adalah

Ada banyak manfaat yang dapat Anda raih saat menggunakan IG bisnis. Inilah penjelasannya.

1. Promosi dengan cara yang mudah

Saat ini fitur Instagram tidak hanya bagian feed. Anda bisa memanfaat stories, video, dan reels untuk konten promosi yang lebih beragam. Kekuatan Instagram ada di visual, jadi selain tulisan, Anda juga harus menyediakan visual yang menarik.

Namun, hal itu tidak akan sulit karena bentuk visual yang bisa Anda tentukan ada berbagai macam. Selain itu cara mengiklankannya pun mudah tanpa persyaratan yang berat. Dengan budget berapa saja, Anda sudah bisa mulai beriklan. Inilah kemudahan yang Instagram tawarkan untuk Anda.

2. Fitur insight untuk mengoptimalkan strategi pemasaran

Instagram memiliki fitur insight yang dapat memberikan informasi dan untuk mengukur hasil iklan Anda. Informasi yang akan Anda raih darinya adalah jumlah pengunjung profil, jumlah pengikut, gender yang paling banyak melihat iklan Anda, dari mana asal mereka, dan lainnya.

Dari data-data itu Anda akan bisa melakukan strategi pemasaran berikutnya yang lebih efisien dengan jumlah budget yang tidak berubah.

3. Jangkauan audiens yang luas

Pengguna Instagram asal Indonesia termasuk banyak. Hal ini pun bisa dimanfaatkan pelaku bisnis untuk melakukan pemasaran yang optimal. Targetnya sudah tersedia, jadi Anda tinggal mengusung strategi yang tepat agar bisnis Anda bisa menjangkau mereka. Anda pun bisa meraih lebih banyak pelanggan.

4. Fitur email dan nomor telepon

IG bisnis menyediakan email dan nomor telepon. Anda perlu mengisinya supaya pelanggan bisa menghubungi Anda dengan mudah. Hal itu juga menunjukkan bahwa bisnis Anda itu nyata, jadi sebagai bentuk profesionalitas.

 

Cara Membuat Instagram Bisnis

Membuat IG bisnis sangat mudah. Untuk membuka IG bisnis, Anda bisa melakukannya sendiri. Inilah tahapannya.

  • Anda perlu memiliki akun Instagram dengan mengunduhnya dulu, kemudian login ke akun Anda.
  • Buka profil, klik tiga garis di pojok kanan atas.
  • Pilih menu Pengaturan, lalu klik menu Akun.
  • Scroll ke bagian bawah sampai Anda menemukan Beralih ke Akun Bisnis. Klik bagian itu, dan klik lanjutkan.
  • Anda nanti akan diminta untuk menentukan akunnya untuk kategori bisnis atau creator. Apabila Anda ingin membuat promosi bisnis, Anda tinggal memilih yang bisnis. Jika memilih creator nanti Anda akan diminta mengisi deskripsi Instagram yang sesuai dengan profesi Anda seperti blogger, content creator, dan lainnya.
  • Untuk bisnis, Anda akan diminta melengkapi email aktif dan nomor yang dapat dihubungi.
  • Hubungkan dengan Facebook Anda yang juga untuk berbisnis supaya mudah melakukan pemasangan iklan.
  • Instagram Bisnis Anda pun siap digunakan.

 

Tips Mengoptimalkan Instagram Bisnis

Anda dapat melakukan beberapa hal untuk mengoptimalkan akun Instagram bisnis Anda. Hal itu dilakukan agar penjualan Anda pun meningkat tajam. Seperti inilah caranya.

1. Menentukan target promosi

Sebelum Anda memasang iklan, Anda perlu tahu dulu target pelanggan Anda. Berapa rentang umur yang Anda kehendaki, jenis gender, lokasi atau wilayah di Indonesia yang menjadi domisili masing-masing pelanggan, dan lain sebagainya.

IG bisnis sudah menyediakan fitur ini, jadi Anda perlu menggunakannya secara tepat.

2. Pasang deskripsi profil bisnis yang meyakinkan

Deskripsi profil Anda menunjukkan bisnis apa yang sedang Anda lakukan dan positioning apa yang ingin Anda tunjukkan pada pelanggan. Anda hanya bisa menulis 150 karakter di profil ini, jadi perlu dituliskan dengan kata-kata yang tepat.

Apabila deskripsinya jelas, pelanggan pun akan yakin dengan usaha Anda. Jangan lupa tambahkan foto profil berisi logo bisnis Anda.

3. Buat konten yang unik

Tadi sudah disebutkan bahwa kekuatan Instagram ada di visual. Untuk itu, Anda perlu membuat konten yang menarik dengan memanfaatkan visual dan kata-kata yang tepat.

Biasanya perusahaan memiliki desainer grafis dan copywriter yang bertugas untuk membuat desain dan tulisan promosi yang tepat. Jangan lupa gunakan fitur-fitur seperti reels, feed, stories, dan IGTV.

4. Tentukan jadwal publikasi

Anda perlu mencari tahu kapan target audiens Anda mengakses Instagram. Dari sana Anda akan lebih mudah menentukan jadwal publikasi konten.

Publikasi konten yang dilakukan secara rutin akan membuat akun IG bisnis Anda meningkat dari segi pengikut, engagement, dan lain sebagainya. Hal ini pun berpotensi meningkatkan pendapatan bisnis.

5. Lakukan giveaway rutin

Konten berisi giveaway biasanya yang paling ramai interaksinya dengan pengikut. Anda bisa mengadakan giveaway secara rutin, misalnya sebulan sekali. Hadiahnya tidak hanya uang tunai, Anda bisa juga memberikan produk secara gratis dengan begitu pengikut bisa lebih mengenal produk Anda.

 

Baca juga: 6 Tips Marketing di Instagram untuk Bisnis Anda

 

Seperti itulah penjelasan mengenai Instagram bisnis, media sosial yang saat ini diandalkan banyak pengguna. Tidak hanya pebisnis, siapa saja bisa menggunakannya sesuai dengan kepentingannya. Semoga informasinya bermanfaat.

 

Pelaku UMKM Punya Kesempatan untuk Mengembangkan Bisnis dengan Pendanaan di Modal Rakyat

Pelaku UMKM yang ingin meningkatkan kinerja bisnisnya secara signifikan, tapi terkendala modal, dapat mengajukan pinjaman di Modal Rakyat. P2P Lending Modal Rakyat akan mempertemukan Anda dengan pendana yang bersedia meminjamkan dana untuk Anda. Anda dapat mengajukan pinjaman di Rp500 ribu sampai Rp2 miliar.

Tidak perlu mencemaskan besaran bunga karena bunga yang dibebankan pada Anda akan disesuaikan dengan risiko usaha. Proses pengajuan pinjaman termasuk mudah karena bisa dilakukan secara online, oleh karena itu prosesnya cenderung cepat. Modal Rakyat juga sudah memperoleh izin dari OJK, jadi aman dan terpercaya.

Anda bisa memulai pengajuan pinjaman dengan berkunjung ke tautan ini.

 



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru