Finansial

Mau Trading Saham dan Investasi? Ketahui Dulu Bedanya

Pretty Angelia Wuisan-

30 Dec 2021

Mau Trading Saham dan Investasi? Ketahui Dulu Bedanya

Trading saham dan investasi saham sering dikira sama. Padahal cara kerjanya berbeda dan hal ini yang perlu Anda ketahui, supaya tidak kebingungan untuk mempraktikkannya

Untuk memahaminya lebih jauh, Anda perlu tahu lebih banyak mengenai trading saham dan investasi.


Baca juga: Keuntungan Investasi Crypto Jangka Panjang


Pengertian Trading Saham

Trading saham merupakan kegiatan pembelian saham yang dibarengi dengan penjualan kembali saham yang sama dalam waktu cukup dekat.

Untuk itulah trading saham sering juga disamakan dengan investasi saham jangka pendek. Alasannya karena investor mengincar keuntungan di waktu yang cepat. 

Cara untuk mendapatkan keuntungan adalah membeli ketika harga saham sedang rendah, dan melakukan penjualan ketika harga sahamnya naik. 

Namun, untuk melakukannya tidak sesederhana itu karena ketika melakukan pembelian saham, belum tentu harga sahamnya naik. Makanya Anda membutuhkan analisis teknikal untuk bisa melaksanakan pengambilan keputusan yang tepat.

Buy and sell di waktu yang tepat dalam trading saham penting untuk diperhatikan. Pergerakan harga saham akan sangat terlihat ketika Anda memanfaatkan grafik pada jual beli saham.


Kelebihan dan Kekurangan Trading Saham

Trading saham mempunyai kelebihan yang membuat banyak orang memilihnya dan punya kekurangan yang harus dihadapi dengan strategi jitu. Ini dia kelebihan dan kekurangannya untuk Anda pahami.

1. Kelebihan

Trading saham dan investasi saham sama-sama menjadi investasi terbaik untuk hasilkan cuan.  Trading saham juga membuat investor bisa mendapatkan keuntungan harian alias lebih cepat.

Untuk membeli saham pun mudah karena banyak aplikasi pendukung trading saham legal OJK yang tersedia untuk Anda.

Kondisi pasar bisa dipantau setiap saat, terutama bagi Anda yang ingin mengambil keuntungan harian. Anda pun tidak akan ketinggalan momen yang penting.

2. Kekurangan

Kekurangan dari trading saham adalah keuntungannya tidak begitu banyak. Anda perlu melakukan patokan keuntungan sendiri, misalnya menentukan keuntungan harian sampai 10%.

Ketika 10% keuntungan didapatkan, Anda berhenti dulu belikan sahamnya dan melanjutkan kegiatan trading esok hari. 

Anda harus mampu menekan ketidaksabaran supaya tidak terjebak dengan mengincar keuntungan secara berlebihan yang malah akhirnya membuat Anda merugi.

Banyak yang sudah mengalami saat menentukan keuntungan dengan persentase sekian, ternyata harga saham naik melebihi prediksi, mereka pun menunggu sampai harga naik terus. 

Tidak tahunya, harganya turun kembali di bawah keuntungan yang sudah ditargetkan. Inilah yang terkadang membuat investor tertipu. Tetap pada target Anda akan jadi pilihan paling bagus.


Pengertian Investasi Saham

Untuk investasi saham, Anda melakukan pembelian salah satu saham atau lebih, kemudian menyimpan saham itu dalam waktu yang lama. Untuk itulah investasi saham masuk investasi jangka panjang.

Investasi saham tidak berpengaruh pada harga dan kondisi pasar saham pada saat itu. Anda akan diuntungkan dengan saham-saham yang tahan banting terhadap krisis.

Untuk itulah Anda perlu memilih saham yang bagus secara fundamental untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Anda membutuhkan analisis fundamental yang bisa Anda lakukan dengan memeriksa laporan keuangan emiten yang ingin Anda beli sahamnya.

Keuntungan yang Anda bisa dapatkan adalah dengan dividen yang biasanya dibayarkan secara rutin minimal 1 tahun sekali.

Atau bisa juga dengan capital gain ketika harga saham naik signifikan setelah Anda hold selama bertahun-tahun. 

Untuk membeli saham, trading saham dan investasi saham dilakukan melalui perusahaan sekuritas terpercaya yang sudah berizin OJK. 


Kelebihan dan Kekurangan Investasi Saham

Investasi saham juga punya kelebihan dan kekurangan yang perlu Anda perhitungkan. Ini dia penjelasannya.

1. Kelebihan

Saham untuk jangka panjang mempunyai kelebihan yang nyata. Anda bisa meraih untung yang melimpah ketika berhasil memilih saham yang tepat di Bursa Efek Indonesia.

Untuk investasi pada saham yang tepat, analisisnya juga tidak harus membaca grafik. Anda hanya membutuhkan laporan keuangan yang disediakan oleh perusahaan publik yang menerbitkan saham itu.

2. Kekurangan 

Kekurangan dari investasi saham, Anda perlu menunggu lama untuk menghasilkan keuntungan yang besar. Tidak cocok untuk Anda yang mengharapkan keuntungan dalam waktu cepat.

Risikonya pun tidak kalah besar. Jika perusahaan yang Anda pilih mengalami kerugian di masa depan, perusahaan itu kemudian bangkrut, modal yang Anda tanamkan pada saham pun akan hilang. Bisa dikembalikan, tapi jumlahnya tidak menentu.


Perbedaan Trading Saham dan Investasi Saham

Supaya lebih jelas mengetahui trading saham dan investasi saham, ini perbedaan keduanya.

1. Cara kerja

Cara kerja trading saham dan investasi berbeda. Jika trading saham punya prinsip beli dan jual di waktu yang dekat, investasi saham cara kerjanya membeli dan hold dalam waktu yang lama.

2. Banyaknya keuntungan

Keuntungan trading saham dan investasi juga berbeda. Untuk keuntungan trading saham, Anda tidak perlu memasang target tinggi asalkan konsisten saja sudah bagus.

Sedangkan, investasi saham keuntungannya bisa jauh lebih besar, mengingat potensi perusahaan semakin bertumbuh seiring waktu. Namun, Anda perlu sabar menunggu untuk mendapatkan keuntungan itu.

3. Analisis yang digunakan

Trading saham membutuhkan analisis menggunakan grafik untuk membantu Anda mengambil keputusan dalam jual beli saham. Analisisnya kita kenal sebagai analisis teknikal. 

Sedangkan untuk investasi saham, Anda menggunakan analisis fundamental untuk menemukan saham terbaik. Analisis ini mengandalkan laporan keuangan untuk menemukan potensi bagus pada perusahaan yang sahamnya layak untuk dibeli.


Baca juga: 5 Cara Putar Uang 1 Juta dengan Bisnis dan Investasi


Trading saham dan investasi saham dapat dijalankan sesuai dengan tujuan investasi Anda. Pahami masing-masing dari kegiatan investasi tersebut, Anda pun akan menjalankannya dengan baik.


Meraih Untung dari Pendanaan ke UMKM Melalui Modal Rakyat

Bantu UMKM Indonesia mendapatkan kesempatan untuk berkembang dan Anda pun akan raih keuntungannya melalui pendanaan Modal Rakyat.

Modal Rakyat menyediakan produk pendanaan yang terpercaya karena sudah meraih izin legal OJK.

Modal yang Anda siapkan bisa dimulai dari Rp25.000 dan imbal hasilnya sampai 18% untuk setiap tahunnya.

Pakai promo BLOG25 supaya Anda memperoleh saldo Rp25.000 gratis di top up dana pertama. 


Pertanyaan Umum

1. Apa bedanya trading saham dan investasi?

Trading saham berfokus pada proses jual beli saham dalam waktu singkat, sedangkan investasi saham membeli saham dan disimpan dalam waktu lama.

2. Apa itu trading saham?

Trading saham merupakan proses jual-beli saham yang dilakukan di waktu singkat untuk memperoleh keuntungan.

3. Apa maksudnya trading saham harian?

Trading saham harian adalah jual-beli saham yang keuntungannya diambil per hari. Anda membeli saham di jam pagi, kemudian menjualnya di jam siang mendekati sore.



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru