29 Jul 2021
Letter of credit adalah hal yang akan membantu pebisnis yang menjalankan transaksi perdagangan dalam cakupan internasional. Kehadiran letter of credit membuat transaksi jadi lebih aman dan mudah dipastikan.
Anda yang ingin membuka bisnis dengan cakupan internasional, harus memahami letter of credit lebih jauh. Di sini akan membahas letter of credit, fungsi, jenis, mekanisme, syarat, manfaat hingga contohnya. Yuk, disimak.
Baca juga: Accrued Expense adalah: Pengertian, Jenis, dan Contohnya
Letter of credit adalah metode pembayaran yang membantu seorang pengekspor memperoleh pembayaran tanpa harus menunggu lebih lama. Kita bisa juga menyebutnya dengan LOC.
Pengekspor tidak harus menunggu sampai ada kabar bahwa produk yang dikirimkannya sudah tiba di sana.
Jika ditunggu, waktunya malah lebih panjang. Sementara itu pihak eksportir juga membutuhkan dana secara cepat untuk kegiatan ekspornya yang lain.
Letter of credit adalah metode yang bisa juga dimanfaatkan oleh importir yang membawa barang dari luar negeri ke negaranya.
Perdagangan internasional ini risikonya lebih besar dibandingkan perdagangan domestik. Untuk mengamankan transaksi, letter of credit adalah metode yang tepat dipilih. Terlebih letter of credit adalah metode yang dikeluarkan oleh pihak bank. Melibatkan pihak ketiga ini tentu akan meminimalisir penipuan.
Supaya Anda tahu lebih banyak mengenai LOC, ini adalah fungsi dari LOC yang akan menguntungkan Anda sebagai pebisnis.
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kegiatan perdagangan internasional ini penuh risiko. Dengan melibatkan pihak ketiga dalam transaksi, hal itu membuat transaksi jadi lebih lancar karena ada ketentuan yang harus diikuti.
Apabila terdapat masalah dalam transaksi, pihak bank juga akan bersedia turun tangan untuk membantu menyelesaikannya.
Pebisnis tentunya ingin mendapatkan keuntungan dari hasil perdagangannya itu. Letter of credit adalah salah satu alasan yang membuatnya bisa secara jelas mendapatkan keuntungan itu.
Besaran pembayaran akan sesuai dengan yang disepakati antara pebisnis dengan mitranya yang ada di luar negeri.
Letter of credit adalah metode yang memiliki fasilitas uang di muka. Jika dikehendaki oleh kedua belah pihak yang bertransaksi, mereka bisa bertransaksi secara kredit.
Metodenya adalah membayar sejumlah uang di muka, lalu sisanya akan dibayar nanti, sesuai dengan tenggat waktu yang ditentukan.
Letter of credit adalah bayaran yang dapat menjadi jaminan. Apabila terdapat masalah dalam pembayaran, pebisnis bisa melakukan klaim terhadap beneficiary untuk mengganti kerugian yang dialaminya.
Namun, perlu diingat bahwa perbankan tidak menjamin kesesuaian barang dengan yang sudah didiskusikan oleh para pihak yang terlibat. Tanggung jawab kesesuaian barang ada di pihak pebisnis.
Letter of Credit mempunyai berbagai jenis pembayaran yang dapat dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Begini penjelasannya.
Merupakan letter of credit yang bisa dibatalkan oleh bank yang menerbitkannya karena beberapa alasan. Pembatalan pun bisa dilakukan tanpa notifikasi.
Merupakan letter of credit yang bisa diubah atau dibatalkan, asalkan mendapatkan persetujuan dari semua pihak yang terlibat di dalamnya.
Apabila ada pihak yang tidak ingin ada pembatalan atau perubahan, maka letter of credit tersebut tidak bisa diubah atau dibatalkan.
Merupakan letter of credit yang memiliki perantara dengan menggunakan beneficiary. Untuk melakukannya, perbankan akan membuka letter of credit kepada pihak yang menerima produk.
Letter of credit jenis ini mengharuskan letter of credit dari negara pengiriman barang menjadi jaminan.
Jenis letter of credit ini umumnya digunakan oleh pihak yang sudah bekerja sama dalam waktu lama, sehingga bisa dipakai berkali-kali sesuai dengan transaksi yang dilakukan.
Merupakan jenis letter of credit yang memungkinkan penggunanya bisa melakukan negosiasi di bank mana pun.
Letter of credit adalah pembayaran yang prosesnya cukup panjang. Pihak eksportir dan importir harus bersedia melewati berbagai tahapan sampai bisa menggunakan letter of credit.
Inilah tahapan untuk memperoleh letter of credit:
Agar bisa menggunakan jasa letter of credit, inilah syarat-syarat yang wajib dipenuhi oleh pihak yang ingin memanfaatkannya.
Ini adalah bukti bahwa barang sudah dikirimkan pada importir. Fungsinya juga sebagai bukti kepemilikan produk.
Dokumen ini berisi data eksportir mulai dari nama perusahaan dan harga dari produk yang dikirimkan. Digunakan sebagai transaksi yang valid.
Supaya kegiatan ini berjalan lancar, barang yang dikirim harus diasuransikan. Sehingga, apabila terjadi kehilangan barang atau kerusakan, ganti rugi bisa diklaim dari asuransi.
Hanya berlaku untuk barang yang dikirimkan dalam jumlah banyak. Berisi berbagai macam barang yang diekspor.
Barang yang dikirim harus lolos pemeriksaan yang dilakukan beberapa kali. Apabila lolos, maka akan mendapatkan certificate of inspection.
Manfaat untuk eksportir dan importir yang mengandalkan letter of credit adalah sebagai berikut.
Baca juga: Cost of Debt adalah: Cara Kerja, Jenis, dan Cara Hitungnya
Supaya Anda lebih memahami letter of credit, di bawah ini adalah gambaran penggunaan letter of credit.
Perusahaan A di Indonesia yang memproduksi minyak kelapa sawit, mendapatkan pesanan dari negara Jepang, tepatnya perusahaan C. A menawarkan pada C untuk bertransaksi lewat letter of credit. C menyetujuinya.
A dan C menyusun kontrak jual-beli. Perusahaan C pun meminta pengajuan letter of credit pada bank D. C pun menyusun berbagai dokumen persyaratan.
Setelah selesai, Perusahaan A mengirimkan produk ke perusahaan C. Pihak A menunjukkan surat bukti pengiriman pada bank yang sudah disepakati bersama dengan C. Bank D akan membayarkan pembayaran ekspor pada pihak A.
Pihak C yang mendapatkan informasi itu, membayar tagihan ekspor ke bank D. Kemudian proses akan berlanjut hingga transaksi dinyatakan selesai.
Pelaku UMKM yang ingin meningkatkan kinerja bisnisnya, tapi terkendala modal, dapat mengajukan pinjaman di Modal Rakyat. P2P Lending Modal Rakyat akan mempertemukan Anda dengan pendana yang bersedia meminjamkan dana untuk Anda.
Tidak perlu mencemaskan besaran bunga karena bunga yang dibebankan pada Anda akan disesuaikan dengan risiko usaha. Proses pengajuan pinjaman termasuk mudah karena bisa dilakukan secara online, oleh karena itu prosesnya cenderung cepat. Modal Rakyat juga sudah memperoleh izin dari OJK, jadi aman dan terpercaya.
Anda bisa memulai pengajuan pinjaman dengan berkunjung ke tautan ini.