Bisnis

Gaya Hidup

10 Logo Termahal di Dunia yang Bikin Kaya Desainernya

Pretty Angelia Wuisan-

28 Sep 2021

10 Logo Termahal di Dunia yang Bikin Kaya Desainernya

Logo termahal di dunia itu ada sungguhan lho. Logo-logo tersebut membuat brand yang dibawanya menjadi punya image yang khas dan ingat oleh seluruh orang di dunia. Logo juga dianggap sebagai pembawa keberuntungan bagi perusahaan yang memilikinya.

Tidak mengherankan ada perusahaan yang rela mengeluarkan dana hingga puluhan miliar untuk pembuatan logo atau mendesain ulang logo miliknya. Di sini adalah 10 logo termahal yang ada di dunia. Desainer logo tersebut pun pasti auto kaya.


Baca juga: Mengenal Corporate Branding, Strategi Jitu dalam Marketing


1. Belfast (Rp4 Miliar)

Logo termahal yang ada di dunia ini dimiliki oleh kota Belfast yang lokasinya di Irlandia Utara. Logonya tampak sederhana karena hanya terdiri dari warna hitam dan putih. Pembuatannya dilakukan untuk rebranding logo kota Belfast. Untuk membuat logo ini, pemerintah sana mengeluarkan dana sebesar hingga Rp4 miliar.

Hal ini disambut oleh warga kota Belfast yang berharap dengan kehadiran logo baru kota mereka jadi tambah makmur karena kedatangan wisatawan atau investor.


2. Pertamina (Rp5,1 Miliar)

Perusahaan kebanggaan Indonesia ini mengganti logo lama dengan desain logo baru yang terlihat lebih fresh di tahun 2005. Untuk melancarkan rencana itu, Pertamina sampai rela mengeluarkan dana hingga Rp5,1 miliar. Menjadikan logo yang dimilikinya menjadi salah satu logo termahal yang pernah dibuat.


3. Kota Melbourne (Rp9 Miliar)

Pada tahun 2009, Melbourne mengumumkan logo barunya pada publik. Bentuknya sangat unik dan melambangkan kemewahan dan keanggunan kota yang ada di Australia ini. Tidak mengherankan pemerintahan setempat mengeluarkan dana sebesar Rp9 miliar untuk meluncurkannya. Logo termahal untuk sebuah kota yang indah.


4. Olimpiade 2012 (Rp9,1 Miliar)

Olimpiade 2012 adalah perhelatan olahraga terbesar di dunia yang logonya paling mahal. Pemerintah Inggris pada saat itu sampai rela mengeluarkan dana hingga Rp9,1 miliar untuk bisa menggunakan logo tersebut selama pertandingannya berlangsung. Alhasil logo itu diingat sampai hari ini.


5. Pepsi (Rp14,6 Miliar)

Siapa yang tidak mengenal minuman bersoda yang bersaing dengan Coca Cola ini? Dengan logonya yang khas biru, merah, dan putih, membuat Pepsi menjadi salah satu minuman ringan yang mendunia. Logo ini sengaja dibuat untuk bersaing ketat bersama Coca Cola yang kepopulerannya juga hadir di mana-mana.

Walaupun saat ini tidak ada lagi di Indonesia, minuman ini akan selalu dikenang sebagai minuman yang dapat menyegarkan dahaga.


6. BBC (Rp26,3 Miliar)

BBC sebenarnya punya banyak logo yang sering ditampilkannya di depan publik. Namun, perusahaan berita dunia ini punya logo yang paling sering digunakan, yaitu yang dikombinasikan dengan warna hitam dan putih. 

Logo termahal ini memang sederhana. Hal ini karena pembuatannya juga penuh dengan perhitungan, sehingga dihargai sebesar Rp26,3 miliar. Sampai sekarang pun BBC masih menggunakan logo ini di seluruh dunia. 


7. ANZ (Rp219 Miliar)

Bank besar di dunia ini memiliki logo termahal yang harganya fantastis, yaitu mencapai Rp219 miliar. Bank ini bersedia mengeluarkan uang segitu besar untuk logo karena alasan rebranding logo. Logo terbarunya menggantikan logo lama yang sudah digunakan selama bertahun-tahun.


8. Accenture (Rp1,4 Triliun)

Perusahaan konsultan besar di dunia ini punya logo yang harganya bukan main mahal sampai menyentuh Rp1,4 triliun! Logo terbaru digunakan untuk rebranding yang digunakan di seluruh dunia. 

Bentuknya padahal sangat sederhana, hanya terdiri dari dari warna hitam dan ungu. Namun, tentunya pembuatannya membutuhkan proses yang panjang.


9. British Petroleum (Rp3 Triliun)

Pada tahun 2000, perusahaan yang bergerak di minyak dan gas bumi, beserta lini usaha lainnya ini membuat logo baru yang membuatnya mengubah image sebagai perusahaan yang ramah lingkungan.

Didominasi warna hijau, perusahaan ini menyediakan uang hingga Rp3 triliun untuk penggantian logo baru yang mencirikan misi di mereka di masa depan.


10. Symantec (Rp18,4 Triliun)

Perusahaan yang bergerak di bidang teknologi punya logo paling mahal sedunia. Logonya mencapai harga Rp18,4 triliun. Harganya bisa semahal itu karena ditambahkan dengan tanda centang VeriSign yang menandakan sertifikat keamanan yang asli. Sama seperti produk Symantec yang bergerak di keamanan teknologi.


Baca juga: Tips Branding yang Bisa Dilakukan Meskipun Minim Budget


Meraih Pinjaman Modal untuk Memulai Usaha Skincare di P2P Lending Modal Rakyat

Pelaku UMKM yang ingin membangun usaha, tapi terkendala modal, dapat mengajukan pinjaman di Modal Rakyat. P2P Lending Modal Rakyat akan mempertemukan Anda dengan pendana yang bersedia meminjamkan dana untuk Anda. Anda dapat mengajukan pinjaman di Rp500 ribu sampai Rp2 miliar.

Tidak perlu mencemaskan besaran bunga karena bunga yang dibebankan pada Anda akan disesuaikan dengan risiko usaha. Proses pengajuan pinjaman termasuk mudah karena bisa dilakukan secara online, oleh karena itu prosesnya cenderung cepat. Modal Rakyat juga sudah memperoleh izin dari OJK, jadi aman dan terpercaya.

Anda bisa memulai pengajuan pinjaman dengan berkunjung ke tautan ini.


Pertanyaan Umum

1. Apa yang membuat logo termahal di dunia harganya tinggi?

Logo merupakan salah satu aset panjang yang dimiliki perusahaan. Logo juga yang menjadi image dari perusahaan, jadi wajar harganya bisa mahal. Apalagi proses penggantian logo juga termasuk sulit karena semua lokasi di mana logo lama berada akan diganti dengan logo baru.

2. Apa fungsi dari logo?

Logo merupakan identitas dari sebuah perusahaan. Selain nama, perusahaan umumnya memiliki logo yang membuatnya dikenal masyarakat dan tentu saja diingat. Logo juga bisa meningkatkan penjualan sebuah perusahaan.

3. Bagaimana tips membuat logo?

Tips utama dalam membuat logo, harus disesuaikan dengan gambaran yang ingin dimiliki perusahaan terhadap para publik. Tuangkan visi dan misi pada logo, sehingga logo memiliki jiwa dari perusahaan. Caranya memang tidak mudah karena membutuhkan proses kreatif yang panjang. Biasanya perusahaan akan mempekerjakan para ahli. 



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru