Gaya Hidup

Ini Dia 14 Makanan Termahal di Dunia, Tertarik Mencoba?

Brigitta Winasis-

28 Sep 2021

Ini Dia 14 Makanan Termahal di Dunia, Tertarik Mencoba?

Makanan memang menjadi kebutuhan pokok manusia. Namun Anda yang menyukai kuliner tentu ingin berpetualang rasa, termasuk menjajal makanan termahal. Beberapa makanan berikut ini dihargai jutaan hingga ratusan juta rupiah per porsinya.

Apa yang membuatnya begitu spesial? Berikut ulasannya.


Baca juga: Ini 10 Parfum Termahal, Komposisi Unik Bikin Harganya Wah


1. Jamur Matsutake

Makanan termahal yang satu ini memiliki harga yang fantastis karena kelangkaannya. Untuk per kilogramnya dihargai 600 dolar AS.

Dari namanya, diketahui jamur Matsutake populer di Jepang. Namun tanaman jamur ini juga tumbuh di dataran lain di Asia.

Walaupun begitu, penyebaran populasi jamur ini menurun karena adanya hama di sekitar pohon tempat jamur ini tumbuh. Hal ini menimbulkan kemungkinan jamur Matsutake akan sulit ditemui di masa mendatang.


2. Kopi Luwak

Kopi ini disebut-sebut sebagai kopi termahal di dunia. Bagaimana tidak, kopi ini menjalani proses yang cukup panjang sebelum layak dijual.

Harganya fluktuatif, mulai dari 250 dolar AS sampai 1.200 dolar AS per kilogramnya. Kopi ini diproduksi di Indonesia, India selatan, dan Filipina.


3. Kaviar Albino Mutiara Putih

Kaviar berasal dari jenis ikan besar sturgeon. Khusus untuk yang albino tinggal di Laut Kaspia.

Telur dari sturgeon albino luar biasa langka. Anda bisa mendapatkannya jika ikan tersebut sudah berusia 100 tahun. Maka dari itu, satu kilogram kaviar ini dibanderol dengan harga 9.100 dolar AS.


4. Sup Sarang Burung Walet

Burung walet membangun sarang dari air liurnya sendiri, tanpa tambahan bahan-bahan asing. Sarang mereka lalu dijadikan sumber kelezatan makanan khas Tiongkok. Per kilogramnya dijual dengan harga sekitar 3.000 dolar AS.

Sup ini dihargai sangat mahal karena mengumpulkan bahan baku sarang walet sangat sulit. Burung walet membuat sarang di tepian tebing yang terjal. Risiko jatuh bagi para pekerjanya sangat tinggi.


5. Safron

Safron termasuk salah satu bumbu termahal di dunia. Harganya mencapai 400 sampai 1.000 dolar AS. Pasalnya olahan bumbu yang juga disebut kuma-kuma ini hanya tumbuh tujuh hari dalam setahun, yakni saat musim gugur.

Safron dipetik dan diproses dengan tangan. Untuk satu kilogram safron saja, dibutuhkan sekitar 300 ribu bunga.


6. Truffle Putih Alba

Truffle jenis ini terkenal karena aromanya yang khas. Jamur ini hanya dapat ditemuikan di kawasan Alba, Italia.

Salah satu makanan termahal di dunia ini dapat dibeli melalui proses pelelangan di Pameran Truffle Putih di Alba. Rekor termahal pelelangan truffle putih Alba adalah 85.000 Euro.


7. Ikan Fugu

Makanan termahal lainnya adalah ikan gembung atau fugu yang terkenal sebagai salah satu ikan paling mematikan di dunia. Mengonsumsi ikan jenis ini bisa menimbulkan akibat fatal jika persiapannya tidak benar.

Dikabarkan tidak ada obat untuk menawarkan racun ikan fugu. Maka dari itu diperlukan ketelitian tingkat tinggi dalam mempersiapkannya. Kecermatan itu membuat harga ikan ini luar biasa mahal, yakni sekitar 200 dolar AS per ekornya.


8. Pule

Pule adalah salah satu jenis keju yang dibuat dari susu keledai di peternakan Serbia. Keju ini disebut-sebut sebagai keju paling mahal yang pernah ada.

Mengapa keju ini menjadi sangat mahal? Pasalnya susu keledai sulit diproduksi. Sebagai contoh, sapi menghasilkan delapan galon susu per hari, sedangkan keledai hanya memproduksi 0,85 cangkir tiap harinya.

Selain itu, keledai hanya dapat diperah tiga kali sehari agar ambingnya tidak terluka. Maka dari itu, keju ini dipatok seharga 1.700 dolar AS tiap pon.


Baca juga: Deretan Sepatu Olahraga Termahal di Dunia


9. Semangka Densuke

Makanan termahal berikutnya adalah semangka Densuke. Buah ini dipanen dalam jumlah kecil di sebuah perkebunan di Hokkaido, Jepang.

Harganya yang fantastis memang memiliki alasan. Dari penampilannya saja, semangka Densuke memang berbeda karena memiliki kulit berwarna hitam. Namun bagian dalamnya merah layaknya semangka biasa.

Semangka hitam ini dijual seharga 6.000 dolar AS dengan berat 18 pon.


10. Daging Sapi Kobe

Daging sapi Kobe dari ras Tajima di Jepang dikenal sebagai salah satu daging terbaik di dunia. Daging ini memiliki kelembutan yang luar biasa, membuat rasanya meleleh dalam mulut.

Kuliner yang menjadi kekayaan nasional Jepang ini dibanderol dengan harga 100 dolar AS per ponnya.


11. Taco di Grand Velas Los Cabos Resort

Makanan khas Meksiko ini bukan sekadar taco biasa. Taco ini disajikan dengan irisan daging Kobe yang terbaik. Di dalamnya juga terdapat truffle hitam, keju brie, dan beluga caviar.

Seporsi taco yang tampak mewah berkelas ini dijual dengan harga Rp375 juta.


12. The Frrrozen Haute Chocolate Ice Cream Sundae

Es krim dengan harga fantastis ini menyajikan 28 jenis coklat yang berbeda. Sebanyak 14 jenis coklat di dalamnya termasuk yang paling mahal di dunia. Sebagai pelengkap, di atasnya juga dihiasi daun emas yang dapat dimakan.

Es krim mewah ini disajikan menggunakan gelas berkaki emas. Es krim sundae ini ditawarkan dengan harga Rp354,79 juta.


13. English Wagyu Beef Pie

Pai ini menggunakan salah satu daging terbaik di dunia, yakni daging sapi wagyu. Setiap porsinya dihargai 1.000 dolar AS.

Bahan-bahan lainnya yang turut menambah kelezatan pai ini adalah jamur matsutake, black truffle, hiasan emas, serta dua botol wine seharga 8.400 dolar AS. Pai ini disajikan untuk delapan orang sekaligus, sehingga pantas dihargai sedemikian mahalnya.


14. Louis XIII Pizza

Maestro pizza Renato Viola menciptakan pizza khusus yang luar biasa mewah ini. Bagaimana tidak, pizza ini disajikan bersama dengan makanan laut dan kaviar kualitas nomor satu. Pizza ini disajikan dengan ukuran 7,8 inci.

Louis XIII Pizza memiliki harga Rp145,65 juta.


Miliki Kebebasan Finansial dengan Menjadi Pendana di Modal Rakyat

Menjajal makanan mewah impian Anda bukan tidak mungkin jika Anda sudah mempunyai financial freedom. Raih impian Anda dengan menjadi pendana di P2P lending Modal Rakyat.

Layanan ini sudah berizin OJK, sehingga aset Anda dijamin keamanannya. Selanjutnya, bunga yang ditawarkan kompetitif, yakni mencapai 18 persen per tahun.

Minimal pendanaan rendah. Anda dapat mendanai mulai dari Rp25.000 saja. Likuiditas yang ditawarkan juga tinggi. Anda dapat memilih durasi pendanaan, misalkan mulai dari satu bulan.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru