Finansial

Manfaat BPJS Kesehatan yang Bisa Diandalkan

Kabrina Rian Ferdiani-

28 Oct 2019

Manfaat BPJS Kesehatan yang Bisa Diandalkan

BPJS merupakan salah satu layanan yang memberikan kemudahan bagi para karyawan. Manfaat BPJS Kesehatan sangat banyak. Dengan manfaat yang diberikan BPJS ini memudahkan bagi beberapa karyawan yang mengalami masalah dengan kesehatan.

Tingginya biaya hidup dalam berbagai aspek membuat banyak orang yang concern terhadap layanan asuransi. Wajar saja, karena asuransi menjadi salah satu layanan yang bisa membantu ketika terjadi hal-hal yang tidak terduga. Terutama asuransi kesehatan.

Pemerintah juga turut memfasilitasi masyarakat Indonesia dengan asuransi kesehatan melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial, atau yang sering disebut BPJS Kesehatan. Sejak kemunculannya pada 1 Mei 2014, BPJS Kesehatan tidak pernah berhenti dibicarakan oleh banyak masyarakat luas.

Meskipun sistem yang sudah dimiliki oleh BPJS tidak praktis seperti sistem yang dimiliki oleh asuransi konvensional, tetapi BPJS Kesehatan merupakan sebuah alternatif asuransi kesehatan yang banyak diminati oleh masyarakat luas.

Kesehatan merupakan hal yang sangat penting dalam hidup bahkan bisa dibilang yang paling penting. Tanpa kesehatan, manusia tidak akan bisa melakukan apapun entah bekerja atau melakukan banyak aktivitas lainnya.

Berikut ini adalah manfaat BPJS Kesehatan yang harus Anda ketahui bagi Anda pengguna BPJS Kesehatan. Mengetahui manfaat dari BPJS Kesehatan sangat diperlukan, agar Anda bisa memanfaatkan kartu BPJS Kesehatan dengan baik. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari BPJS Kesehatan.


Baca juga: Ayo Berkenalan Dengan Asuransi Kesehatan


Semua Penyakit Ditanggung oleh BPJS

Jika peserta BPJS memiliki suatu penyakit, maka tidak perlu khawatir karena jika Anda memiliki kartu BPJS Kesehatan, maka semua penyakit dapat ditanggung oleh BPJS. Manfaat ini tentu merupakan kabar gembira bagi para pengguna BPJS, karena BPJS menanggung semua penyakit.

Meskipun begitu, Ada beberapa penyakit yang tidak ditanggung. Contohnya yang berhubungan dengan estetika, alternatif, infertilitas, dan juga komplementer. Ini sesuai dengan pedoman pelaksanaan JKN juga Peraturan Menteri Kesehatan No. 28 Tahun 2014.

Kemudahan yang ditawarkan ini, membuat para pengguna BPJS mengalami kepuasan. Kepuasan yang dialami karena mereka tidak khawatir lagi dengan penyakit yang mereka alami, selama mereka mempunyai kartu BPJS Kesehatan, maka mereka akan dipermudah untuk proses pemeriksaan.


Medical Check Up Tidak Diperlukan

Bila Anda memiliki asuransi kesehatan swasta, biasanya Anda harus mengikuti medical check up sebelum menggunakan fasilitas asuransi. Jika Anda sudah terkena penyakit yang tergolong kritis dan Anda sudah berumur 40 tahun, maka premi yang Anda peroleh akan semakin mahal karena terdapat besar kemungkinan Anda akan menggunakan asuransi dalam waktu dekat. Ada kemungkinan juga polis yang Anda ajukan akan ditolak.

Berbeda dengan BPJS Kesehatan. Siapa saja tetap boleh mendaftar tanpa melalui medical check up. Bahkan, seorang ibu bisa mendaftarkan bayi yang masih ada di dalam kandungannya.


Jaminan Kesehatan Seumur Hidup

Manfaat BPJS Kesehatan yang berikutnya adalah jaminan kesehatan seumur hidup. BPJS adalah satu-satunya asuransi kesehatan yang memberikan proteksi hingga seumur hidup. Hal ini akhirnya membuat masyarakat semakin puas dalam menggunakan BPJS Kesehatan sebagai salah satu jaminan kesehatan yang sangat menjanjikan.


Prinsip Gotong Royong

BPJS Kesehatan berjalan dengan prinsip gotong royong. Oleh sebab itu, BPJS Kesehatan akan memberikan bantuan terhadap peserta BPJS yang sedang sakit tanpa melihat kondisi peserta BPJS sebelumnya dan tanpa batasan penyakit.

BPJS juga memberikan bantuan terhadap peserta yang mengalami sakit seumur hidup atau jenis penyakit yang besar, seperti thalassemia, kanker, penyakit jantung, gagal ginjal, dan banyak penyakit yang tidak terdaftar dalam asuransi lain.

Manfaat BPJS kesehatan yang diberikan oleh pemerintah membuat banyak orang merasa terbantu, pasalnya dengan adanya BPJS kesehatan mereka menjadi semakin terjamin. Dan terdapat banyak penyakit yang ditanggung oleh BPJS.


Memiliki Premi yang Murah

Premi yang diberikan oleh BPJS kesehatan sangat murah dibandingkan dengan layanan asuransi yang lain. Murah tidak berarti murahan, bukan? Keuntungan yang diberikan BPJS Kesehatan ini sangat banyak meskipun BPJS Kesehatan memiliki biaya yang murah.

Anda akan mendapatkan banyak keuntungan dengan menggunakan BPJS  seperti rawat inap, pembedahan, melahirkan, dan obat. Bahkan untuk cuci darah juga sudah bisa ditanggung BPJS.


Wajib untuk Warga Indonesia

Salah satu manfaat dari BPJS Kesehatan bagi kesehatan adalah wajib digunakan untuk semua Warga Negara Indonesia, jadi Warga Indonesia yang mengalami masalah kesehatan tidak perlu khawatir karena semua akan ditanggung oleh BPJS Kesehatan. BPJS Kesehatan merupakan salah satu program yang diselenggarakan langsung oleh pemerintah dan sangat diwajibkan untuk semua Warga Negara Indonesia.

Ada undang-undang dan peraturan yang menyatakan bahwa semua Warga Negara Indonesia wajib mengikuti BPJS Kesehatan. Akan tetapi, ini tidak menutup peluang Anda untuk memiliki asuransi kesehatan swasta


Kemudahan Layanan Saat Berobat

Ketika berobat peserta BPJS Kesehatan diberikan kemudahan, kemudahan ini bisa berupa pelayanan yang baik. Petugas Rumah Sakit akan melayani segala macam keluhan yang dialami oleh peserta BPJS Kesehatan.

Pelayanan diberikan kepada setiap peserta BPJS Kesehatan yang mengeluhkan gejala-gejala yang terjadi terkait dengan kesehatan peserta. Peserta BPJS Kesehatan yang berobat juga akan diberikan obat oleh pihak Rumah Sakit. Dan obat yang diberikan bisa mengatasi gejala-gejala penyakit yang dialami.

Kesehatan merupakan faktor terpenting dalam kehidupan. Beberapa manfaat BPJS Kesehatan yang sudah dijelaskan sangat berguna. Karena Anda harus mengetahui manfaat-manfaat yang dimiliki oleh BPJS Kesehatan, hal ini bertujuan agar Anda tetap puas menggunakan BPJS Kesehatan. Kesehatan Anda akan dijamin oleh pemerintah melalui adanya BPJS Kesehatan.


Baca juga: Jenis-Jenis BPJS dan Cara Mendaftarnya

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru