Finansial

Pentingnya Pengelolaan Keuangan dan Cara Mengaturnya

Pretty Angelia Wuisan-

11 Jul 2022

Pentingnya Pengelolaan Keuangan dan Cara Mengaturnya

Anda membutuhkan uang untuk bisa beraktivitas sehari-hari. Namun, uang jangan dipakai tanpa perhitungan karena ketika uang habis tak bersisa, Anda akan kebingungan. Untuk itu Anda perlu tahu cara pengelolaan keuangan yang baik.

Pengelolaan keuangan pribadi yang benar akan membantu Anda mencapai tujuan finansial yang diinginkan, dan hal ini bukan hal yang mustahil. Ini dia penjelasan tentang pengelolaan keuangan agar Anda memahaminya lebih dalam.


Baca juga: Rekomendasi 13 Buku Pengelolaan Keuangan untuk Anda


Apa yang Dimaksud dengan Pengelolaan Uang?

Pengelolaan keuangan adalah mengatur uang yang dimiliki agar cukup untuk kebutuhan harian, hiburan, dan disimpan untuk keperluan lainnya yang akan membantu Anda meraih tujuan finansial di masa depan.

Mengelola keuangan sering dianggap sepele oleh sebagian orang karena menganggap uang itu adalah milik sendiri jadi boleh digunakan seenaknya. Padahal pengelolaan keuangan ini juga dibutuhkan untuk mengantisipasi banyak hal yang mungkin tidak terduga, jadi Anda perlu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.


Apa Pentingnya Pengelolaan Keuangan?

Mengelola keuangan penting karena memiliki tujuan yang akan sangat bermanfaat untuk Anda. Tujuan pengelolaan keuangan adalah sebagai berikut.

  • Membiasakan diri Anda untuk hidup berhemat
  • Lebih tenang dalam menghadapi masalah
  • Mempersiapkan dana darurat untuk hal yang terjadi mendadak
  • Membuat perencanaan keuangan mudah di masa depan

1. Membiasakan diri Anda untuk hidup berhemat

Pengelolaan keuangan yang benar akan membuat Anda terbiasa berhemat. Menggunakan uang memang lebih mudah dibandingkan untuk menabung. 

Mengelola keuangan akan menyadarkan Anda untuk menggunakan uang sesuai skala prioritas kebutuhan dan Anda pun jadi tahu pentingnya menabung.

2. Lebih tenang dalam menghadapi masalah

Ketika terjadi masalah seperti barang-barang harganya naik dengan signifikan, Anda jadi tidak perlu panik karena uang yang kurang. Anda sudah menyediakan uang itu dari jauh hari dari pengelolaan keuangan yang sudah dilakukan sebelumnya. Mengelola keuangan yang baik akan membuat mental Anda pun sekuat baja.

3. Mempersiapkan dana darurat untuk hal yang terjadi mendadak

Contoh pengelolaan keuangan yang sudah seharusnya dipersiapkan adalah dana darurat. Dana jenis ini akan membantu Anda untuk menghadapi hal tidak terduga.

Misalnya, tiba-tiba saja motor Anda mengalami kerusakan dan harus dibetulkan saat itu juga. Anda bisa mengatasinya dengan ketersediaan dana darurat. Anda jadi tidak perlu mengambil uang dari kebutuhan harian.

4. Membuat perencanaan keuangan mudah di masa depan

Uang yang Anda miliki tidak hanya bisa digunakan di masa sekarang, tapi bisa juga untuk masa depan. Di sinilah kegunaan menabung dan investasi yang akan membawa Anda ke tujuan itu.

Dengan perencanaan keuangan yang rapi Anda akan bisa membuat impian tercapai satu per satu. Contohnya Anda berhasil membeli rumah impian setelah bertahun-tahun menabung dan tujuan lainnya yang disesuaikan dengan kemauan Anda.


Bagaimana Cara Mengelola Keuangan yang Baik?

Ada berbagai macam cara yang bisa Anda lakukan agar mengelola keuangan bisa dilakukan dengan lancar. Di bawah ini adalah cara mengelola keuangan yang baik.

  • Mencatat uang yang masuk dan uang yang digunakan
  • Menabung secara konsisten
  • Selalu mendahulukan kebutuhan dibandingkan keinginan
  • Berpikir dua kali sebelum menggunakan uang
  • Menghindari utang
  • Mengembangkan dana di P2P lending Modal Rakyat

1. Mencatat uang yang masuk dan uang yang digunakan

Cara mengelola keuangan yang pertama adalah selalu mencatat uang yang masuk dan uang yang digunakan. Jika Anda kerepotan mencatat dengan cara manual, sekarang banyak aplikasi pencatat keuangan gratis yang bisa Anda unduh. Anda pun jadi tinggal memasukkan data dan aplikasi itu akan melakukan perhitungan otomatis.

Dengan pencatatan ini Anda jadi tahu uang keluar untuk apa saja dan bisa mengatur keuangan lebih ketat nantinya.

2. Menabung secara konsisten

Mengelola keuangan tidak jauh dari proses menabung. Banyak orang yang salah kaprah dengan menganggap uang yang ditabung adalah uang sisa. 

Untuk menabung, sudah seharusnya dilakukan di awal ketika Anda menerima uang gajian. Akhirnya Anda pun tidak perlu lagi kebingungan menyisakan uang yang ditabung karena sudah ada sejak awal.

3. Selalu mendahulukan kebutuhan dibandingkan keinginan

Anda harus mendahulukan hal yang dibutuhkan karena akan sangat merepotkan jika Anda tidak memenuhinya. 

Sementara itu hal-hal yang termasuk keinginan bisa dilakukan nanti ketika Anda merasa itu waktu yang tepat. Kebutuhan ini termasuk makan, tagihan, asuransi, transportasi, dan lainnya.

4. Berpikir dua kali sebelum menggunakan uang

Cara mengelola keuangan yang harus Anda tanamkan adalah berpikir dua kali untuk menggunakan uang, terutama untuk hal-hal yang tidak krusial. 

Apakah hal itu penting dilakukan? Apakah kehadirannya akan membantu Anda untuk ke depan? Dan pertanyaan penting lainnya, hingga Anda pun yakin untuk menggunakan uang itu.

5. Menghindari utang

Anda sebaiknya menghindari utang yang sifatnya hanya untuk bersenang-senang. Sekarang untuk mendapatkan utang memang mudah, tapi jika tidak diperhitungkan dengan baik, tanpa disadari Anda bisa terlilit utang.

Jika Anda berutang untuk tujuan produktif atau membuka usaha, itu tidak masalah. Sementara utang untuk hal-hal tidak darurat sebaiknya tidak Anda lakukan.

6. Mengembangkan dana di P2P lending Modal Rakyat

Anda bisa membuat dana menjadi bertambah dengan pendanaan Modal Rakyat. Caranya adalah dengan meminjamkan modal pada UMKM yang terdaftar di platform ini.

Dengan modal paling sedikit Rp500 ribu, Anda sudah bisa meraih keuntungan yang potensinya sampai 18% per tahun.

Modal Rakyat telah berizin dan diawasi oleh OJK, sehingga legal dan aman. Mulai pendanaan Anda sekarang di Modal Rakyat dan raih keuntungan untuk finansial yang berkembang positif!


Baca juga: 10 Aplikasi Pencatat Keuangan Unduh Gratis di Ponsel dan PC


Kesimpulan

Pengelolaan keuangan apabila tidak dibiasakan mungkin akan rumit. Namun, jika Anda membiasakannya, Anda jadi akan sangat terbantu untuk mencapai berbagai macam tujuan di masa depan. Yuk, coba membiasakan diri mengelola keuangan!



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru