28 Oct 2021
BPJS Ketenagakerjaan memberikan kemudahan bagi pelaku usaha dalam pengelolaan data karyawannya melalui SIPP BPJS Ketenagakerjaan. SIPP ini bisa diakses secara daring, sehingga pelaku usaha tidak perlu mendatangi kantor BPJS Ketenagakerjaan langsung untuk mengurusnya.
Anda sebagai pelaku usaha harus tahu soal SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan karena sudah kewajiban perusahaan mendaftarkan karyawannya sebagai peserta. Untuk itulah di sini akan dibahas tentang pengertian BPJS Ketenagakerjaan, cara daftar, cara login, dan fitur yang dimiliki olehnya.
Baca juga: Manfaat BPJS Kesehatan yang Bisa Diandalkan
SIPP adalah aplikasi yang dikembangkan oleh BPJS Ketenagakerjaan untuk pelaku usaha agar tidak kesulitan pengelolaan administrasi kepesertaan bagi karyawannya. Salah satunya adalah untuk mutasi data dengan cara yang cepat.
Beberapa hal yang akan Anda temukan di aplikasi SIPP adalah data perusahaan dan identitas karyawan yang bekerja di perusahaan Anda, data gaji yang Anda berikan pada para karyawan, dan iuran yang perlu dikeluarkan oleh perusahaan untuk pembayaran kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.
Jadi, aplikasi ini dapat dimanfaatkan oleh perusahaan untuk mengelola dari jarak jauh data kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan sebagai salah satu fasilitas yang wajib diterima oleh karyawan.
Perusahaan pun jadi bisa mengubah data setiap saat, tanpa harus bolak-balik mendatangi kantor BPJS Ketenagakerjaan. Anda pun jadi tidak begitu kerepotan dalam melakukan pengelolaan SIPP BPJS.
Anda perlu menunjuk beberapa orang untuk mengelola SIPP BPJS ini karena jika hanya satu itu tidak akan mudah. Pastikan orang yang mengelolanya adalah sosok yang sadar akan tanggung jawabnya.
Jangan sampai memanipulasi data karena data yang dipegangnya ini penting. Apabila terjadi manipulasi data oleh salah satu pihak, maka pihak BPJS Ketenagakerjaan tidak akan mau bertanggung jawab. Tanggung jawab penggunaan aplikasi ini sepenuhnya ada di perusahaan.
Aplikasi ini dapat Anda akses melalui situs resmi SIPP BPJS Ketenagakerjaan yang boleh diakses kapan saja.
Agar bisa menggunakan fitur ini Anda perlu melakukan pendaftaran dulu atas nama perusahaan. Untuk mendaftar di SIPP BPJS Ketenagakerjaan caranya mudah, ini penjelasannya.
Setelah melakukan pendaftaran, Anda bisa dengan mudah melakukan login ke SIPP BPJS Ketenagakerjaan. Ini caranya.
Ada beberapa fitur SIPP BPJS Ketenagakerjaan yang dapat Anda manfaatkan. Ini penjelasannya.
Mutasi data ini akan Anda andalkan karena bisa membantu Anda dalam mengelola data para karyawan yang sudah resign kerja, penambahan tenaga kerja, mengunggah upah yang paling kekinian (untuk karyawan yang gajinya naik), dan lainnya.
Dengan fitur ini, Anda akan lebih mudah melakukan perubahan data yang dimiliki oleh perusahaan karena bisa dilakukan secara cepat. Apalagi data ini termasuk yang perlu dilaporkan untuk beberapa periode tertentu. Jadi, jangan sampai tidak memanfaatkan fitur ini.
Anda perlu tahu bahwa BPJS Ketenagakerjaan mewajibkan perusahaan membayar sekian persen premi yang dimiliki oleh karyawan. Untuk menghindari kesalahan jumlah pembayaran, Anda bisa memantau iuran dengan SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan.
Apalagi iuran yang harus disetorkan biasanya berubah jika perusahaan Anda selalu memiliki karyawan baru dan karyawan yang telah resign. Iuran ini tentu saja harus terus dipantau.
Anda juga mendapatkan fitur ini yang membuat Anda bisa mengakses beberapa laporan yang berkaitan dengan tenaga kerja yang baru masuk, karyawan yang mengundurkan diri, laporan mendetail tentang upah, dan laporan tentang iuran BPJS Ketenagakerjaan yang perlu disetorkan oleh perusahaan.
Anda juga bisa mengatur beberapa hal di aplikasi ini seperti mengatur profil perusahaan (jika ada perubahan), menambah perusahaan (apabila perusahaan memiliki anak perusahaan dan lainnya), menghapus perusahaan yang termasuk binaan, menambah pengguna yang mengelola akun, dan menonaktifkan user yang mengelola akun ini.
Apabila pengguna yang biasanya memegang akun SIPP BPJS Ketenagakerjaan keluar dari perusahaan, perusahaan bisa mengubah kata sandi dari user tersebut. Sehingga, user tersebut tidak bisa mengakses kembali SIPP BPJS milik perusahaan lamanya. Hal ini pun membuat kerahasiaan SIPP kian terjaga.
Sudah seharusnya yang mengelola SIPP adalah orang internal dari perusahaan.
Baca juga: Mudah, ini Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Online
Itulah penjelasan mengenai SIPP BPJS Ketenagakerjaan yang perlu Anda ketahui sebagai pelaku usaha baik yang besar maupun kecil. Aplikasi ini dapat Anda gunakan sesuai dengan keperluan. Semoga informasinya bermanfaat.
Pelaku UMKM yang butuh modal tambahan untuk bisnis, jangan ragu mengajukan kredit ke Modal Rakyat. Di sini Anda akan bisa menemukan pihak yang bersedia mendanai usaha Anda tersebut.
Anda dapat mengajukan dana dari modal kecil Rp500 ribu saja hingga ke yang besar yang mencapai Rp2 miliar. Mengajukan pinjaman di Modal Rakyat aman karena sudah berizin resmi OJK. Yuk, dapatkan modal Anda sekarang juga di Modal Rakyat.