Finansial

Gaya Hidup

SIPP BPJS Ketenagakerjaan: Cara Daftar dan Fiturnya

Pretty Angelia Wuisan-

28 Oct 2021

SIPP BPJS Ketenagakerjaan: Cara Daftar dan Fiturnya

BPJS Ketenagakerjaan memberikan kemudahan bagi pelaku usaha dalam pengelolaan data karyawannya melalui SIPP BPJS Ketenagakerjaan. SIPP ini bisa diakses secara daring, sehingga pelaku usaha tidak perlu mendatangi kantor BPJS Ketenagakerjaan langsung untuk mengurusnya.

Anda sebagai pelaku usaha harus tahu soal SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan karena sudah kewajiban perusahaan mendaftarkan karyawannya sebagai peserta. Untuk itulah di sini akan dibahas tentang pengertian BPJS Ketenagakerjaan, cara daftar, cara login, dan fitur yang dimiliki olehnya.


Baca juga: Manfaat BPJS Kesehatan yang Bisa Diandalkan


Apa itu SIPP BPJS Ketenagakerjaan?

SIPP adalah aplikasi yang dikembangkan oleh BPJS Ketenagakerjaan untuk pelaku usaha agar tidak kesulitan pengelolaan administrasi kepesertaan bagi karyawannya. Salah satunya adalah untuk mutasi data dengan cara yang cepat.

Beberapa hal yang akan Anda temukan di aplikasi SIPP adalah data perusahaan dan identitas karyawan yang bekerja di perusahaan Anda, data gaji yang Anda berikan pada para karyawan, dan iuran yang perlu dikeluarkan oleh perusahaan untuk pembayaran kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.

Jadi, aplikasi ini dapat dimanfaatkan oleh perusahaan untuk mengelola dari jarak jauh data kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan sebagai salah satu fasilitas yang wajib diterima oleh karyawan.

Perusahaan pun jadi bisa mengubah data setiap saat, tanpa harus bolak-balik mendatangi kantor BPJS Ketenagakerjaan. Anda pun jadi tidak begitu kerepotan dalam melakukan pengelolaan SIPP BPJS.

Anda perlu menunjuk beberapa orang untuk mengelola SIPP BPJS ini karena jika hanya satu itu tidak akan mudah. Pastikan orang yang mengelolanya adalah sosok yang sadar akan tanggung jawabnya. 

Jangan sampai memanipulasi data karena data yang dipegangnya ini penting. Apabila terjadi manipulasi data oleh salah satu pihak, maka pihak BPJS Ketenagakerjaan tidak akan mau bertanggung jawab. Tanggung jawab penggunaan aplikasi ini sepenuhnya ada di perusahaan.

Aplikasi ini dapat Anda akses melalui situs resmi SIPP BPJS Ketenagakerjaan yang boleh diakses kapan saja.


Bagaimana Cara Mendaftar SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan?

Agar bisa menggunakan fitur ini Anda perlu melakukan pendaftaran dulu atas nama perusahaan. Untuk mendaftar di SIPP BPJS Ketenagakerjaan caranya mudah, ini penjelasannya.

  1. Kunjungi situs resmi SIPP BPJS Ketenagakerjaan.
  2. Anda pun akan melihat halaman untuk login. Namun, karena Anda belum melakukan pendaftaran, Anda langsung saja klik Buat Akun Baru.
  3. Kemudian secara otomatis akan di bawah ke halaman pengisian formulir. Anda wajib mengisi data yang dimiliki perusahaan dan identitas.
  4. Masukkan Nomor Pendaftaran Perusahaan atau NPP beserta divisi. Setelah itu nama perusahaan akan terisi dengan sendirinya.
  5. Setelah Anda klik tombol Next, Anda akan melihat field data user login. Isikan email perusahaan yang Anda pegang, isi kata sandi, dan isi ulang kata sandi di bagian bawahnya.
  6. Aplikasi akan menampilkan field data user KPJ. Di sinilah Anda perlu mengisi kolom nomor peserta KPJ, nama lengkap, tanggal lahir, dan ponsel yang dapat dihubungi. Klik Daftar.
  7. Setelah itu aplikasi SIPP, akan meminta verifikasi nomor ponsel yang Anda masukkan tadi.
  8. Aplikasi mengirimkan One Time Password (OTP) ke nomor Anda. Apabila nomornya terisi dengan benar, maka akan muncul notifikasi berhasil.
  9. Berikutnya Anda perlu mengaktivasi email. Caranya Anda buka akun email Anda, dan temukan email dari SIPP BPJS Ketenagakerjaan.
  10. Anda pun bisa login ke akun Anda itu dan mulai mengolah data kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan karyawan Anda.

 


Bagaimana Cara Login ke SIPP BPJS Ketenagakerjaan?

Setelah melakukan pendaftaran, Anda bisa dengan mudah melakukan login ke SIPP BPJS Ketenagakerjaan. Ini caranya.

  1. Kunjungi situs web resmi SIPP BPJS Ketenagakerjaan.
  2. Anda akan menemukan langsung tampilan SIPP BPJS untuk login.
  3. Anda bisa langsung mengisi email dan kata sandi yang sudah Anda buat.
  4. Setelah itu klik login.
  5. Anda pun akan menemukan halaman untuk mengelola data kepesertaan karyawan Anda.


Fitur yang Dimiliki SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan

Ada beberapa fitur SIPP BPJS Ketenagakerjaan yang dapat Anda manfaatkan. Ini penjelasannya.

1. Mutasi data

Mutasi data ini akan Anda andalkan karena bisa membantu Anda dalam mengelola data para karyawan yang sudah resign kerja, penambahan tenaga kerja, mengunggah upah yang paling kekinian (untuk karyawan yang gajinya naik), dan lainnya.

Dengan fitur ini, Anda akan lebih mudah melakukan perubahan data yang dimiliki oleh perusahaan karena bisa dilakukan secara cepat. Apalagi data ini termasuk yang perlu dilaporkan untuk beberapa periode tertentu. Jadi, jangan sampai tidak memanfaatkan fitur ini.

2. Memantau iuran

Anda perlu tahu bahwa BPJS Ketenagakerjaan mewajibkan perusahaan membayar sekian persen premi yang dimiliki oleh karyawan. Untuk menghindari kesalahan jumlah pembayaran, Anda bisa memantau iuran dengan SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan.

Apalagi iuran yang harus disetorkan biasanya berubah jika perusahaan Anda selalu memiliki karyawan baru dan karyawan yang telah resign. Iuran ini tentu saja harus terus dipantau.

3. Laporan

Anda juga mendapatkan fitur ini yang membuat Anda bisa mengakses beberapa laporan yang berkaitan dengan tenaga kerja yang baru masuk, karyawan yang mengundurkan diri, laporan mendetail tentang upah, dan laporan tentang iuran BPJS Ketenagakerjaan yang perlu disetorkan oleh perusahaan.

4. Pengaturan

Anda juga bisa mengatur beberapa hal di aplikasi ini seperti mengatur profil perusahaan (jika ada perubahan), menambah perusahaan (apabila perusahaan memiliki anak perusahaan dan lainnya), menghapus perusahaan yang termasuk binaan, menambah pengguna yang mengelola akun, dan menonaktifkan user yang mengelola akun ini.

5. Fitur lainnya

Apabila pengguna yang biasanya memegang akun SIPP BPJS Ketenagakerjaan keluar dari perusahaan, perusahaan bisa mengubah kata sandi dari user tersebut. Sehingga, user tersebut tidak bisa mengakses kembali SIPP BPJS milik perusahaan lamanya. Hal ini pun membuat kerahasiaan SIPP kian terjaga.

Sudah seharusnya yang mengelola SIPP adalah orang internal dari perusahaan. 


Baca juga: Mudah, ini Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Online


Itulah penjelasan mengenai SIPP BPJS Ketenagakerjaan yang perlu Anda ketahui sebagai pelaku usaha baik yang besar maupun kecil. Aplikasi ini dapat Anda gunakan sesuai dengan keperluan. Semoga informasinya bermanfaat.


Ajukan Pinjaman di Modal Rakyat untuk Mengembangkan Bisnis 

Pelaku UMKM yang butuh modal tambahan untuk bisnis, jangan ragu mengajukan kredit ke Modal Rakyat. Di sini Anda akan bisa menemukan pihak yang bersedia mendanai usaha Anda tersebut.

Anda dapat mengajukan dana dari modal kecil Rp500 ribu saja hingga ke yang besar yang mencapai Rp2 miliar. Mengajukan pinjaman di Modal Rakyat aman karena sudah berizin resmi OJK. Yuk, dapatkan modal Anda sekarang juga di Modal Rakyat.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru