03 Sep 2021
Salah satu strategi marketing yang dapat diterapkan perusahaan adalah SMS blast. Penggunaan teknologi yang masif di masyarakat menjadi salah satu alasan memanfaatkan strategi ini.
Bagaimana perusahaan dapat memanfaatkan SMS blast untuk marketing? Berikut penjelasannya.
Baca juga: Tingkatkan Performa dengan Teknik Segmentasi Email Marketing
SMS blast disebut juga SMS broadcast. Artinya Anda dapat mengirim pesan singkat melalui Short Message Service (SMS) ke banyak penerima sekaligus.
Namun pengirim SMS blast bukan nomor handphone biasa, melainkan menggunakan nama perusahaan. Maka dari itu, strategi ini tepat jika Anda hendak menjangkau konsumen secara lebih luas. Sebabnya SMS blast secara otomatis diterima konsumen yang menggunakan handphone.
Mereka dapat langsung membaca pesan tersebut tanpa perlu mengunduh atau berkunjung ke situs tertentu.
Ada berbagai aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan broadcast SMS. Dengan demikian, tahap pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih aplikasi yang paling tepat dan sesuai kebutuhan sehingga Anda dapat menyesuaikan anggaran.
Melalui aplikasi tersebut, Anda dapat mengatur informasi yang disampaikan ke penerima pesan. Anda dapat memberikan informasi sesuai yang hendak disampaikan, misalnya tentang produk baru yang akan dirilis atau info diskon.
Pastikan Anda menyampaikannya secara singkat, mengingat sifat SMS yang terbatas karakternya. Anda juga bisa mengatur jadwal pengiriman. Pada saat jadwal pengiriman, SMS blast akan dikirim secara serentak.
Walaupun sepertinya sepele, sebaiknya jangan sembarangan memilih jadwal pengiriman SMS. Hal ini dapat berpengaruh ke tingkat efektivitas dari SMS blast.
Pikirkan waktu saat orang banyak menggunakan handphone-nya. Pemilihan waktu ini juga bisa disesuaikan dengan konsumen yang hendak diraih. Dengan begitu, dapat disimpulkan SMS blast adalah sarana promosi yang terencana dan efektif.
Sebelum memilih sarana promosi ini, ada sejumlah hal yang wajib Anda perhitungkan. Berikut penjelasannya.
SMS blast tidak dilakukan oleh satu pegawai saja. Strategi ini harus diperbincangkan terlebih dahulu supaya mampu meraih tujuan yang spesifik.
Mengingat karakter yang disediakan SMS terbatas, Anda harus mampu membuat pesan yang menarik perhatian konsumen. Dengan begitu, mereka mau melakukan tindakan yang Anda inginkan terhadap produk atau layanan Anda.
Isi SMS tersebut juga harus jelas. Selain itu, mampu memancing keingintahuan konsumen dan akhirnya mereka akan melakukan pembelian terhadap produk atau layanan Anda.
Jangan menuliskan pesan yang akan membuat pembaca bosan. Ujung-ujungnya, pesan tersebut akan mereka hapus dari kotak masuk. Maka dari itu, perhatikan kata kunci dari pesan yang dibuat.
Jangan membuat kalimat terlalu kaku atau berbelit. Pastikan kata-kata Anda unik dan sesuai dengan target pasar Anda. Pastikan juga sesuai dengan barang atau jasa yang ditawarkan.
Sebelum mengirimkan SMS blast, ada baiknya Anda meminta izin dari konsumen. Walaupun tidak semua SMS blast meminta izin dari konsumen, jauh lebih baik jika konsumen memberikan izinnya.
Contoh SMS blast yang tidak meminta izin adalah yang dikirimkan provider telepon. Walaupun begitu, terkadang pihak provider tersebut memberikan pertanyan kepada konsumen terkait ketertarikannya menggunakan produk mereka.
Seperti taktik pemasaran lainnya, Anda harus memastikan strategi Anda memiliki karakter yang unik yang hendak disampaikan kepada konsumen. Oleh karena itu, Anda wajib mempunyai ciri khas dalam strategi pemasaran. Untuk itu, Anda membutuhkan konsistensi dalam mengirimkan pesan SMS.
Untuk tahap awal, kirimlah pesan seminggu sekali minimal. Hal ini dapat meyakinkan konsumen bahwa Anda serius dalam menjual produk Anda. Dampak lainnya konsumen akan merasa ingin mencoba produk yang ditawarkan tersebut.
Hal ini dapat membantu Anda dalam mendapatkan informasi dari media lain yang dapat dijadikan sarana promosi brand. Apabila Anda mendapat balasan pesan dari konsumen, Anda dapat memperoleh media lainnya seperti media sosial atau email yang dapat dimanfaatkan untuk promosi.
SMS blast memiliki kelebihannya tersendiri dalam mendekati calon konsumen potensial. Berikut penjelasannya.
Pengiriman dan penerimaan SMS blast dapat dilakukan dalam hitungan menit saja. Waktu yang dibutuhkan total hanya 3 menit.
Anda hanya perlu merangkai kata-kata yang menarik serta langsung pada intinya. Jika Anda menawarkan barang secara khusus, kemungkinan pelanggan lebih menyukai pesan secara personal terkait promo diskon.
Jangan terlalu memikirkan ide yang rumit, karena karakter SMS yang bisa terkirim terbatas. Gunakanlah kata-kata yang singkat.
Berbeda dengan proses pembuatan iklan di media yang membutuhkan perencanaan lama, SMS blast hanya memerlukan waktu perencanaan singkat saja.
Mengingat pengirimannya dilakukan melalui SMS, Anda tidak perlu khawatir pesan tidak bisa diakses. SMS dapat diakses perangkat jenis apapun, baik handphone tradisional maupun smartphone.
Penggunaan papan iklan raksasa di tepi jalan atau membagikan brosur tentu akan berdampak bagi lingkungan. Walaupun kesannya tidak signifikan, papan iklan maupun brosur tersebut dapat berakhir di tempat sampah yang merusak lingkungan.
Dengan begitu, SMS blast dapat menjadi opsi yang lebih ramah lingkungan. Demikian pula dengan media online marketing lainnya.
SMS blast dapat dipersonalisasi. Berbeda halnya dengan email yang dikirim sistem. Email yang bertumpuk di kotak masuk dapat dikategorikan sebagai spam.
Strategi marketing lainnya cenderung membutuhkan lebih banyak biaya. Dengan memanfaatkan SMS blast, Anda dapat menggunakan anggaran minimal.
Bandingkan dengan biaya memasang iklan di televisi atau media cetak yang jauh lebih besar. Atau mencetak brosur yang juga menghabiskan biaya banyak.
Baca juga: Mengenal Corporate Branding, Strategi Jitu dalam Marketing
Walaupun memiliki banyak kelebihan, ada kekurangan SMS blast yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih strategi marketing ini.
SMS blast yang diterima bisa jadi justru dianggap spam dan mengganggu bagi penerimanya. Pasalnya SMS yang masuk dianggap tidak penting dan tidak relevan. Jika begitu, mereka memilih langsung menghapus pesan dan tidak membacanya sama sekali.
Zaman sekarang tidak semua orang masih menggunakan SMS untuk berkirim pesan. Banyak orang memilih menggunakan media sosial.
SMS sudah jarang digunakan, sehingga ada potensi SMS blast yang Anda kirimkan tidak terbaca oleh penerima pesan. Bisa jadi SMS tersebut langsung dihapus oleh penerima pesan tanpa sempat dibaca.
Berikut sejumlah tips dalam menerapkan strategi marketing SMS blast.
Tinjaulah secara mendalam dan menyeluruh terkait rencana kampanye Anda. Gunakan metode SMART (Specific, Measureable, Achievable, Relevant, and Time Specific) agar kampanye Anda sesuai sasaran dan efektif.
SMS blast tidak hanya dapat dilakukan satu orang, tetapi keseluruhan tim marketing. Dengan begitu, tujuan marketing dapat tercapai lebih mudah.
Perhatikanlah isi SMS yang disampaikan. Apakah pesan Anda sudah jelas? Apakah pesan tersebut mampu menggugah pembaca untuk melakukan tindakan yang Anda inginkan?
Jangan sampai pesan itu dihapus tanpa sempat dibaca. Gunakan kata kunci (keyword) yang tepat sasaran. Jangan gunakan kata-kata kaku yang seolah-olah dibuat oleh sistem.
Terdapat regulasi yang secara khusus mengatur SMS blast. Regulasi berlaku bagi kedua belah pihak, pelaksana dan konsumen.
Anda bisa berkonsultasi dengan konsultan lembaga telekomunikasi agar SMS blast Anda sesuai dengan ketentuan hukum. Anda bisa mencari referensi regulasi yang ada di Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia.
Ada beberapa tools yang dapat digunakan untuk melakukan SMS blast. Berikut di antaranya yang bisa Anda pertimbangkan.
Wavecell menyajikan fitur Messaging Solutions dan Live Video Interaction. Teknologi ini dapat diintegrasikan ke platform apa saja.
Wavecell menggunakan teknologi cloud. Dengan begitu, perusahaan dapat melakukan integrasi melalui API dan SDK.
Gateway SMS Clickatell memungkinkan Anda mengirim SMS blast kepada 6 miliar pengguna handphone di seluruh dunia. Pengiriman pesan ini terjadi satu arah dengan jangkauan yang luas dan dalam waktu hitungan menit saja.
Pengiriman SMS dapat dilakukan menggunakan fitur Buku Telepon di AyoSMS. Tools ini menggunakan koneksi machine-to-machine. Anda bisa terhubung dengan HTTP dan SMPP ke sejumlah SMS Gateway dan Selular Operator dunia.
Anda juga dapat mengirimkan SMS atas nama perusahaan (SMS Masking). Selain itu, Anda bisa mengatur jadwal pengiriman SMS.
Anda membutuhkan dana tambahan untuk marketing bisnis Anda? Anda bisa mendapatkannya melalui P2P lending Modal Rakyat.
Layanan ini sudah berizin OJK, sehingga dijamin keamanannya. Bunga yang ditawarkan relatif lebih kompetitif dibandingkan dibandingkan alternatif pinjaman lainnya.
Proses persetujuan cepat. Pinjaman Anda dapat disetujui dalam lima hari kerja jika syarat-syaratnya sudah terpenuhi. Selain itu, proses pengajuan pinjaman dilakukan secara online, sehingga lebih mudah dijangkau.