Bisnis

Gaya Hidup

TikTok Ads: Alasan Membuat, Jenis, dan Tips untuk Beriklan

Pretty Angelia Wuisan-

27 Oct 2021

TikTok Ads: Alasan Membuat, Jenis, dan Tips untuk Beriklan

TikTok menjadi salah satu media sosial masa kini yang digandrungi milenial dan generasi muda lainnya. Di aplikasi TikTok Anda bisa membuat konten sesuka Anda dengan menggunakan teknologi video dari sederhana, sampai ke yang canggih. Tidak hanya itu, Anda juga bisa memanfaatkan TikTok Ads yang tersedia di dalamnya.

Untuk beriklan di TikTok, tentunya Anda perlu tahu lebih banyak tentang TikTok ads ini. Di sini akan dijelaskan tentang alasan beriklan di TikTok, jenis, cara membuat iklan, dan tips membuat iklannya. 


Baca juga: Pentingnya Digital Marketing untuk Bisnis Kecil, ini Tipsnya


Alasan Beriklan di TikTok

Aplikasi yang berasal dari Tiongkok menjadi fenomena tersendiri di jagat internet. Tidak hanya di satu negara, tapi banyak di negara lain di dunia.

Di bawah ini adalah alasan yang perlu Anda pertimbangkan dalam memilih TikTok untuk menggunakannya sebagai media iklan.

1. Penggunanya berasal dari seluruh dunia

Saat ini, pengguna TikTok sudah mencapai 800 juta pengguna aktif dari seluruh dunia dan menjadi media yang populer di lebih dari 150 negara. 

Pengguna TikTok di Indonesia juga bisa dibilang banyak, bahkan menjadi yang terbanyak nomor 1 di dunia. Tidak menutup kemungkinan, jumlahnya akan terus bertambah di masa nanti.

2. Bebas berkreasi

Anda pasti sudah banyak melihat video TikTok dengan banyak kreativitas hingga menjadi viral di internet. Hal ini membuktikan bahwa TikTok bisa tidak membatasi pengguna akun TikTok berkreativitas. 

3. Dilirik oleh brand besar

Akhir-akhir ini TikTok memang berhasil menarik perhatian para brand besar karena potensi target audiens yang sesuai dengan keinginan. Terutama untuk mereka yang ingin iklannya menyasar pada orang-orang muda.

Untuk membuat video iklan TikTok yang menarik, brand-brand tersebut sampai rela mengeluarkan uang yang tidak sedikit.

4. Mengaktifkan iklan di TikTok mudah

Sama seperti media sosial pada umumnya, tidak sulit untuk membuat iklan TikTok. Anda hanya perlu mendaftar di akun TikTok. Kemudian, menghubungi perwakilan pengelola TikTok secara langsung untuk memasang iklan. Nanti mereka akan membantu.

Tarif iklan pun akan secara otomatis disesuaikan dengan kebutuhan iklan Anda. 


Jenis-jenis TikTok Ads

Untuk membuat TikTok Ads, Anda perlu tahu dulu jenis iklan apa saja yang ada di TikTok. Ini dia penjelasannya.

1. Brand Takeover

TikTok memiliki jenis iklan yang membuat pengguna bisa melihat iklan Anda ketika pertama kali membuka aplikasinya. 

Jenis iklan ini ditayangkan full, tapi itu tergantung dengan penggunanya apakah mau lanjut menonton atau bisa dilewati setelah 5 detik tayang. 

Walaupun iklan ini bisa dilewati, tapi karena bisa langsung muncul ketika pengguna membuka pertama kali aplikasi, jadi membuat iklan Anda lebih punya kesempatan dilihat banyak pengguna.

2. In-Feed Ads

Ketika Anda menggunakan TikTok, Anda biasanya melihat video-video yang bermunculan di For Your Page. Anda akan menemukan video seru-seru, sampai melihat beberapa video sekaligus di beberapa waktu. 

Kemudian, tiba-tiba muncul TikTok Ads dari brand tertentu. Karena menurut Anda menarik, Anda pun berkunjung ke pengiklan.

Inilah yang dimaksud dari iklan yang berbaur dengan video lain yang dibuat oleh para pengguna. Anda bisa memilih iklan ini untuk semakin mendekatkan diri Anda dengan pengguna. 

3. Branded Augmented Reality

Konten satu ini memungkinkan Anda untuk membuat personal experience yang menarik kepada pengguna. Misalnya, Anda membuat filter di TikTok yang berkaitan dengan brand Anda.

Anda hanya tinggal membuat filter tersebut, dan membebaskan para pengguna TikTok untuk memakainya di video. Secara tidak langsung, Anda meminta bantuan pengguna untuk menaikkan brand awareness bisnis.

Supaya filter yang Anda ciptakan dipakai oleh pengguna, tentunya Anda wajib membuat filter yang eye catching dan menyenangkan untuk digunakan. 

4. TopViews Ads

Jenis TikTok Ads ini memungkinkan iklan Anda muncul di bagian pertama feeds milik pengguna. Peluang ini bisa dimanfaatkan oleh Anda supaya audiens lebih mengenal brand yang Anda punya. Tugas Anda tinggal membuat video menarik yang disukai oleh pengguna.

5. Hashtag Challenge

Anda bisa juga memanfaatkan hashtag challenge yang sering diselenggarakan di TikTok. Biasanya hal ini digunakan untuk hiburan, tapi belakangan ini banyak brand yang menggunakannya sebagai iklan yang menguntungkan.

Iklan seperti ini  mengajak para pengguna TikTok untuk membuat video menarik mengenai suatu tema serta hashtag unik. Bunyi hashtag tersebut tentunya harus mencirikan brand Anda supaya mudah dikenali.

Tidak hanya meningkatkan brand awareness, cara ini juga bisa membuat brand Anda jadi lebih dekat dengan para audiens. Hal ini karena audiens bukan hanya menjadi penonton, tapi ikut andil juga meramaikan kampanye iklan yang Anda laksanakan.


Cara Membuat Iklan TikTok

Tadi sudah disebutkan bahwa membuat TikTok Ads bukan cara yang sulit. Ini adalah tahapan yang perlu Anda ikuti untuk membuatnya.

1. Mendaftar akun

Anda perlu mengunduh dan mendaftar menjadi pengguna. Setelah itu, untuk pemasangan iklan Anda perlu memilih make an ad yang muncul di beranda.

Setelah diklik, Anda akan diminta mengisi formulir. Isilah menggunakan data yang benar. Kemudian, Anda perlu menunggu selama 48 jam sampai TikTok menyetujui permintaan pengajuan iklan Anda

2. Menentukan kampanye iklan

Setelah permintaan beriklan berhasil diaktifkan, Anda akan bisa melanjutkan misi berikutnya. Anda akan diminta untuk memiliki tipe kampanye iklan. Beberapa pilihannya untuk Anda adalah application installation, conversion, dan traffic.

Setelah memilih kampanye yang Anda kehendaki, Anda perlu memilih anggaran yang akan Anda gunakan untuk kampanye iklan tersebut. Di TikTok Ads Anda diharuskan memilih budget minimal USD500 atau jika dirupiahkan sekitar Rp7 juta. 

Tentunya Anda bisa memasang tarif lebih besar dari itu. Semakin besar budget yang Anda pasang, semakin juga iklan Anda menjangkau banyak orang. 

3. Menentukan placement 

TikTok Ads memperbolehkan Anda memasang di berbagai platform yang terikat dengannya seperti Buzz Video, News Republic, dan lainnya. Anda dapat memilih platform yang sudah tersedia itu.

Atau jika Anda tidak memiliki bayangan untuk menaruh iklannya di mana, Anda bisa memberikan wewenang tersebut pada TikTok yang akan membantu Anda memilih. 

Dengan begitu, iklan Anda akan muncul di lokasi yang proper. Anda sudah menentukan budget, tentu saja TikTok akan memilih lokasi yang terbaik.

4. Menentukan hashtag

Setelah itu, Anda bisa menentukan hashtag kampanye yang dibutuhkan. Hashtag termasuk komponen penting dalam TikTok karena membantu iklan Anda ditemukan oleh audiens yang tepat.

Pastikan pilih hashtag yang sesuai dengan ciri khas brand Anda supaya audiens langsung mengenalnya dengan baik. 


Tips Membuat TikTok Ads

Supaya iklan TikTok Anda berhasil dijalankan. Ini adalah cara yang bisa Anda lakukan.

1. Hashtag itu penting

Tagar atau hashtag di TikTok itu penting. Iklan Anda akan mudah ditemukan dengan menggunakan tagar yang sesuai. 

Namun, tentunya tagar yang digunakan perlu sesuai dengan produk Anda. Jangan sampai Anda menggunakan banyak tagar, tapi bunyi tagarnya tidak nyambung dengan produk Anda. 

Menggunakan tagar yang sesuai akan membuat ciri khas produk Anda jadi lebih mudah terlihat.

2. Challenge itu menarik

Cukup banyak brand yang berhasil melakukan kampanye berkat adanya challenge. Anda coba saja lihat challenge-challenge ternama yang pernah muncul di TikTok. Semuanya kreatif.

Apalagi challenge ini diikuti oleh audiens yang memang berniat untuk menjadi bagian di dalam kampanye tanpa ada paksaan. Tanpa Anda minta pun mereka senang hati ikut kampanye ini karena niatnya memang untuk bersenang-senang.

Sementara itu bagi para pemilik brand challenge ini membuat mereka tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk membuat viral marketing yang diramaikan oleh audiens.

3. Video haruslah unik

Kekuatan utama TikTok adalah video, jadi Anda memang wajib membuat video yang menarik. 

Jika Anda kebingungan menentukan konsepnya, Anda bisa melihat video iklan yang sudah ada sebelumnya. Dari sana, Anda pasti bisa meraih inspirasi yang dibutuhkan. 

Semakin unik videonya, semakin banyak orang yang menontonnya.

4. Aktifkan fitur lokasi

Apabila Anda memiliki toko, tidak ada salahnya mengaktifkan fitur berbagi lokasi supaya audiens tahu di mana toko Anda dan langsung berkunjung. Biasanya audiens yang penasaran tidak akan ragu mendatangi lokasi toko Anda.

5. Coba berbagai iklan yang tersedia

Iklan TikTok ada banyak macamnya. Tidak ada salahnya mencobanya satu per satu, sampai menemukan yang pas untuk Anda. 

Anda juga harus paham bahwa masing-masing jenis iklan TikTok punya karakter yang berbeda untuk tampilan iklannya. Jadi, konsep video yang Anda siapkan harus pas. 


Baca juga: Apa itu Marketing dan Fungsinya dalam Bisnis


Itulah penjelasan mengenai TikTok ads yang saat ini kian digandrungi oleh brand. Memasang iklan di TikTok dapat Anda jalankan apabila audiens Anda adalah anak-anak mudah. Selamat mencoba.


Tingkatkan Usaha Anda dengan Modal yang Diajukan ke P2P Lending Modal Rakyat

Anda yang membutuhkan dana untuk meningkatkan usaha kecil Anda, jangan ragu mengajukan pinjaman melalui Modal Rakyat. Di platform ini Anda bisa mengajukan dana dari jumlah paling kecil Rp500 ribu, hingga paling besar Rp2 miliar.

Tidak perlu cemas mengenai bunga karena akan dibebankan pada Anda sesuai usaha dan risikonya. Yuk, mulai ajukan dana di Modal Rakyat.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru