Finansial

Tips agar Bisa Menabung Setiap Hari Secara Rutin

Paskalia-

26 Jun 2019

Tips agar Bisa Menabung Setiap Hari Secara Rutin

Menyiapkan masa depan dengan baik merupakan prioritas utama bagi setiap orang pada umumnya. Ketika Anda beranjak tua, maka produktivitas akan semakin menurun dan kesulitan untuk menghasilkan uang. Untuk itu sedini mungkin Anda harus memulai menabung setiap hari. Dengan begitu maka nantinya Anda sudah memiliki cukup dana untuk hari tua.

Jika Anda masih seringkali kesulitan untuk menabung mungkin niat awal diri sendiri yang kurang kuat dan tegas. Cobalah menerapkan tips agar bisa menabung setiap hari berikut ini agar menabung akan terasa lebih mudah.


Baca juga: 10 Tips Menabung untuk Membeli Rumah


Tingkatkan Motivasi Menabung Anda

Setiap orang tentu memiliki tujuan masing-masing untuk menabung seperti biaya nikah, masa depan, biaya anak, dan lain sebagainya. Ketika Anda malas menabung setiap hari maka pikirkanlah kembali alasan awal mulai menabung. Hal seperti itu mampu meningkatkan motivasi Anda dalam menabung. Semakin Anda memiliki motivasi kuat, Anda akan semakin terdorong menabung demi masa depan.


Tahan Nafsu Belanja

Menahan nafsu belanja bukanlah perkara mudah, terutama bagi mereka yang selalu lapar mata. Hal tersebutlah yang harus Anda mulai atur dan biasakan demi bisa menabung setiap hari. Terkadang benda-benda yang Anda beli belum tentu kebutuhan pokok, sehingga nantinya justru akan sia-sia. Anda disarankan menyisihkan dana belanja tersebut untuk menabung. Boleh berbelanja hanya ketika Anda benar-benar membutuhkannya saja.


Baca juga: Strategi Menabung Arisan Menjadi Investasi Zaman Now


Prioritaskan Menabung

Menabung harus menjadi anggaran yang wajib Anda perhitungkan tiap bulan. Menabunglah seperti membayar cicilan. Hal tersebut membuat Anda menjadi terbiasa untuk terus menabung secara rutin, bahkan menabung setiap hari. Dengan memasukkannya ke anggaran maka tidak akan terasa jika harus menabung setiap bulannya. Dalam masa tertentu Anda akan mendapatkan jackpot yang luar biasa.


Ikut Asuransi

Salah satu cara Anda menabung adalah ikut asuransi. Selain sebagai jaminan hidup Anda, asuransi bisa menjadi upaya menabung. Pilih opsi premi sesuai pendapatan Anda. Jika dalam masa kontrak Anda tidak sakit atau melakukan klaim maka sejumlah dana bisa dicairkan. Hal tersebut bisa menjadi tabungan bagi Anda.


Catat Kebutuhan Prioritas

Sebelum gajian, buatlah catatan kebutuhan prioritas Anda. Masukkan juga menabung setiap hari sebagai kebutuhan prioritas Anda. Dengan cara ini Anda dapat mengetahui besaran biaya yang harus dikeluarkan per bulan. Anda juga dapat menghitung apakah sudah sesuai dengan penghasilan Anda. Jika ternyata besar pasak daripada tiang, Anda dapat merombak catatan kebutuhan prioritas tersebut.


Faktor agar Bisa Menabung Rutin

Ada sejumlah hal yang harus diperhatikan supaya bisa menabung setiap hari dengan lancar. Berikut penjelasannya.


Tahan Godaan

Terkadang godaan yang menjadi hal yang susah untuk dihindari. Ketika Anda sudah mulai menabung biasanya akan tergoda untuk berbelanja. Dalam menabung, pengendalian diri merupakan hal penting. Jika Anda tidak bisa mengendalikan diri dari godaan, maka dana tabungan bisa habis begitu saja.


Ubah Kebiasaan

Jika Anda memiliki kebiasaan seperti makan enak setelah gajian atau belanja setiap bulan, maka ubahlah segala kebiasaan tersebut saat memutuskan akan menabung setiap hari. Mulailah berhemat dan memilih kebutuhan yang penting saja.


Tetap Konsisten

Jika Anda sudah memutuskan untuk menabung maka lakukanlah dengan konsisten dan tidak putus. Tidak penting jumlahnya banyak atau tidak yang utama adalah tetap konsisten.


Menekan Biaya

Tetapkan biaya bulanan yang akan Anda keluarkan dan janganlah buat biaya untuk kebutuhan lainnya. Hal tersebut sangat efektif untuk dilakukan agar Anda bisa menekan biaya bulanan.


Kenali Kebiasaan Buruk Diri Sendiri

Faktor utama yang membuat Anda sulit menabung setiap hari adalah kebiasaan buruk sulit mengendalikan lapar mata. Hal tersebut harus Anda hindari untuk dapat menyisihkan uang.


Trik Berhasil dalam Menabung

Kebanyakan orang merasa memiliki berbagai hambatan untuk bisa menabung. Hal itu membuat mereka sulit menabung. Untuk itu Anda membutuhkan trik ampuh untuk bisa menabung dengan rutin. Simak informasi di bawah ini.


Jadikan Aset Rill

Pastinya Anda memiliki impian membeli sebuah barang yang memiliki nilai jual tinggi. Jika dana sudah mencukupi, maka ubahlah menjadi aset riil yang bisa Anda simpan. Aset tersebut nantinya bisa Anda jadikan sebagai tabungan masa depan yang menjanjikan. Pilihlah aset dengan nilai yang terus meningkat seperti rumah atau tanah.


Buatlah Sistem Otomatis

Mintalah bantuan bank tempat Anda menyimpan uang untuk melakukan pembayaran otomatis. Anda bisa mengikuti tabungan berencana atau menetapkan transfer otomatis ke rekening tertentu. Dengan begitu setiap bulan ketika dana masuk maka secara otomatis langsung berkurang. Hal tersebut membuat Anda menjadi tidak lupa untuk menabung dan seperti membayar cicilan menabung.


Kunci Tabungan Anda

Jika Anda memiliki tabungan yang cukup dan tidak sering digunakan maka cepatlah mengunci tabungan Anda dengan sistem deposito. Anda bisa meminta bank tempat menyimpan uang untuk melakukan deposit atau mengunci tabungan dengan jumlah tertentu. Anda juga bisa memilih sendiri berapa lama tabungan akan dikunci.


Sembunyikan Uang Anda

Buatlah beberapa tempat penyimpanan seperti di bawah bantal, di lemari, atau di selipan dompet. Usahakan setiap bulan simpan duit pada bagian tersebut. Hal itu dilakukan agar Anda melupakan uang yang sudah dikeluarkan. Namun nantinya ketika Anda menemukan tempat penyimpanan rahasia maka seperti menemukan harta karun.


Berikan Nama pada Tabungan

Dengan memberikan label pada tabungan maka akan mengingatkan kembali kepada tujuan awal menabung. Anda bisa menuliskan dana nikah, tabungan anak, dan lain sebagainya. Hal tersebut secara tidak langsung akan mempengaruhi psikologis Anda dan membuat semakin termotivasi.


Itulah beberapa trik dan hal-hal yang harus Anda perhatikan agar menjalankan tips agar bisa menabung setiap hari bisa berjalan dengan lancar. Tidak ada bukti menabung membuat Anda rugi, justru akan mendatangkan keuntungan. Untuk mempersiapkan masa depan terbaik maka menabung adalah pilihan yang tepat. Pastikan Anda berdisiplin agar hasil tabungan juga maksimal.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru