Bisnis

Gaya Hidup

15 Trend Marketing Tahun 2021 yang Layak Diikuti

Pretty Angelia Wuisan-

23 Aug 2021

15 Trend Marketing Tahun 2021 yang Layak Diikuti

Pemasaran atau marketing menjadi salah satu kegiatan penting untuk bisnis. Sekarang trend marketing ada berbagai macam. Anda sebagai pemilik bisnis tidak hanya dapat mengandalkan satu jenis pemasaran. Kreativitas adalah hal yang membuat jenis pemasaran jadi berbagai macam.

Di tahun 2021 ini trend marketing semakin bertambah saja. Dibarengi dengan kemajuan teknologi internet, pemasaran tidak hanya dilakukan secara tatap muka. Sebagai ide untuk Anda, di sini akan dijelaskan berbagai macam trend marketing yang bisa diikuti.

 

Baca juga: Teknik Experiential Marketing: Pengalaman Pembeli jadi Kunci

 

1. Content marketing

Konten marketing menjadi salah satu trend marketing yang diprediksi akan bertahan lama. Hal itu karena kegiatannya dekat dengan keseharian kita. Selain itu, orang-orang juga biasanya membutuhkan konten untuk mencari informasi yang tepat.

Contoh yang dapat pebisnis lakukan adalah membuat tulisan di situs web resmi. Bisnis Anda bergerak di bidang penjualan baju, lalu Anda memberikan tips-tips untuk membuat baju awet dan sebagainya. Jangan lupa menyambungkan tulisan itu dengan halaman penjualan Anda.

Ini bisa menjadi tren pemasaran yang bagus, apalagi ketika tulisan itu dikunjungi oleh banyak orang. Bisa jadi pengunjung juga akan mampir ke halaman penjualan.


2. Marketing flywheel

Ada lagi tren marketing untuk 2021 yang mampu membuat pelanggan membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan lebih dari sekali. Jenis pemasaran ini membuat Anda mempunyai pelanggan setia yang tidak ingin ke lain hati.

Selain itu, dapat membuat pelanggan menawarkan produk Anda ke orang lain secara sukarela.

Caranya adalah dengan meningkatkan pelayanan Anda pada pelanggan, sehingga Anda mampu melakukan pemasaran yang berkelanjutan.


3. Video marketing

Trend marketing satu ini cukup populer. Banyak perusahaan membutuhkan videografer untuk membuat video pemasaran yang bagus. Alasannya karena sebagian pengguna internet sekarang senang menonton video.

Video ini tidak hanya bisa dimunculkan di televisi. Di internet seperti di media sosial, Youtube, dan platform lainnya bisa Anda temukan pemasaran dalam bentuk video. Semakin kreatif video yang disuguhkan, maka akan semakin bisa memancing banyak orang menonton.

Durasi videonya tidak perlu panjang-panjang. Asalkan kreatif dan bisa menunjukkan keunggulan produk dan jasa yang Anda miliki, itu juga sudah cukup.


4. Artificial Intelligence (AI) Marketing

Atau bisa kita sebut dengan kecerdasan buatan yang masuk ke ranah trend marketing. Hal itu sebenarnya sudah terjadi beberapa tahun belakangan.

Beberapa contoh kecerdasan buatan ini adalah Anda bisa memanfaatkannya tanpa harus kerepotan membuatnya sendiri. Hal itu karena Google yang sudah membuatnya untuk Anda. Google telah menyediakan kata kunci yang paling ramai dicari di periode tertentu.

Lalu, Anda juga bisa mengetahui produk apa yang paling dicari pelanggan di bulan tertentu dengan melihat kata kunci apa yang paling sering muncul. Caranya dengan memasang kecerdasan buatan di situs web Anda sendiri. Anda pun dapat meningkatkan penjualan dengan cara ini.

Teknologi ini diprediksi bisa semakin berkembang karena selalu ada penemuan terbaru.


5. SEO

Atau kita kenal juga dengan search engine optimization yang menjadi salah satu trend marketing populer tahun 2021 ini. SEO hadir ketika trafik sebuah situs ditentukan dari berapa banyak pengguna internet yang melakukan pencarian di mesin pencarian tertentu.

Tentunya akan sangat bagus apabila situs web resmi milik Anda mudah ditemukan dengan memanfaatkan mesin pencarian. Hal itu akan membuat image brand Anda meningkat, dibarengi dengan penjualan yang bertambah.

Untuk menerapkan SEO yang bagus di situs web, dibutuhkan beberapa waktu. Jadi, Anda harus bersabar menunggu sampai trafik situs web Anda ada di tingkat paling atas.


6. Viral marketing

Trend marketing 2021 yang dapat Anda manfaatkan selanjutnya adalah viral marketing. Prosesnya adalah dengan membuat konten yang sedang viral atau memanfaatkan konten yang sedang viral untuk meramaikannya.

Contohnya adalah lagu Lathi milik Weird Genius yang menjadi viral di TikTok karena digunakan untuk challenge make over. Keuntungannya jadi ke mana-mana, para content creator yang membuat challenge ramai diperbincangkan, lalu lagu Lathi pun jadi didengarkan di seluruh dunia.

Untuk menggunakan pemasaran ini secara tepat, Anda perlu memantau konten apa yang tengah viral atau dengan rencana tertentu membuat konten yang memang bisa menjadi viral.


7. Pendekatan emosional

Sekarang cukup banyak perusahaan yang melakukan pemasaran dengan mengedepankan pendekatan emosional yang membuatnya jadi trend marketing. Contohnya adalah beberapa brand yang memproduksi web series.

Di web series itu, Anda tidak akan melihat brand berjualan dengan cara yang umum. Produk-produknya hanya muncul sesekali. Namun, penonton akan merasa dekat karena cerita yang disampaikan di web series pas sekali dengan pengalamannya. Akhirnya penonton pun membeli produk itu dengan sendirinya.

Konten untuk pendekatan emosional ini bisa dalam bentuk video, gambar, infografis, dan lainnya.


8. Media sosial

Social media saat ini masih menjadi trend marketing yang ramai diandalkan. Anda bisa melihat banyak usaha besar dan kecil memiliki akun media sosial demi meningkatkan image brand mereka.

Anda perlu menyiapkan konten gambar dan tulisan yang menarik di media sosial untuk menjangkau lebih banyak konsumen. Bahkan Anda perlu punya divisi khusus untuk mengurus media sosial.

Selain itu, media sosial juga dapat menjadi social commerce, yaitu platform yang digunakan untuk promosi dan berjualan sekaligus.


9. Buzz marketing

Buzz marketing adalah trend marketing yang tidak boleh Anda lewatkan. Caranya adalah dengan memanfaatkan buzzer untuk mempromosikan brand. Buzzer ini tidak ada kaitannya dengan politik karena awalnya pun muncul untuk pemasaran.

Di Indonesia sendiri ada banyak komunitas buzzer yang bisa Anda ajak bekerja sama untuk mempromosikan produk Anda. Anda bisa menentukannya sendiri kriteria buzzer seperti apa yang akan Anda pilih.


10. Endorsement

Anda dapat bekerja sama dengan seleb internet untuk melakukan endorsement. Caranya adalah Anda mengirimkan produk atau menjelaskan jasa yang Anda tawarkan, nanti para seleb internet itu akan memberikan ulasan di media sosialnya yang memiliki banyak pengikut, biasanya sampai berjuta-juta.

Ini adalah salah satu trend marketing yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan, menaikkan pengikut Anda di media sosial, dan menaikkan brand.


11. Micro influencer

Biasanya bekerja sama dengan seleb yang punya banyak pengikut butuh budget yang besar, tapi tenang saja karena Anda bisa memilih micro influencer yang jumlah pengikutnya mulai dari 1.000 ke atas.

Sekarang, micro influencer juga menjadi trend marketing yang disukai pebisnis karena image brand bisa menjadi terus meningkat dengan budget yang tidak terlalu besar.

Untuk mendapatkan informasi tentang micro influencer yang handal, Anda akan menemukannya dengan mudah karena ada banyak komunitasnya di Indonesia. Biasanya mereka adalah para blogger aktif.


12.  Voice search

Marketing voice search sekarang mulai menjadi tren. Walaupun kalah pamor dengan jenis pemasaran lain karena teknologinya masih sering salah merekam kata-kata, ke depannya jenis marketing ini akan banyak dimanfaatkan.

Hal itu karena orang-orang sekarang memikirkan waktu yang dihabiskannya dalam melakukan pencarian di internet dengan mengandalkan ketikan. Dengan voice search, proses pencarian mudah karena Anda hanya tinggal mengeluarkan suara.


13.  Bisnis model langganan

Jenis pemasaran yang tidak kalah menariknya di tahun 2021 adalah bisnis model langganan. Anda menawarkan subscription pada pelanggan.

Model bisnis ini misalnya, penggunaan Spotify untuk mendengarkan lagu-lagu yang disenangi. Dengan berlangganan di periode tertentu, Anda akan bisa menikmati lagu-lagu yang disukai tanpa diganggu dengan iklan yang muncul.

Lalu ketika waktu langganan habis, pihak Spotify akan menawarkan perpanjangan pada pelanggan.


14.  Live chat

Strategi marketing yang diandalkan saat ini adalah menggunakan Live Chat. Pelanggan bisa menghubungi Anda lewat chat yang disediakan di situs web dan menyampaikan keluhan-keluhannya. Di sinilah Anda perlu menanggapinya dengan baik.

Live Chat membuat Anda jadi lebih mudah dan cepat untuk merespon keluhan pelanggan. Ini akan sangat baik untuk meningkatkan Anda.


15.  Omnichannel marketing

Bisnis bisa saja mengandalkan hanya beberapa platform. Namun, untuk pemasaran yang optimal, tidak ada salahnya memanfaatkan banyak platform. Ini namanya metode omnichannel marketing. Anda dapat mengandalkan media sosial, situs web, email, dan lainnya sekaligus.

Cara ini dapat membuat Anda meraih lebih banyak pelanggan dalam waktu dekat.

 

Baca juga: Tips Branding yang Bisa Dilakukan Meskipun Minim Budget

 

Pelaku UMKM Mengembangkan Bisnisnya dengan Pendanaan di Modal Rakyat

Pelaku UMKM yang ingin meningkatkan kinerja bisnisnya secara signifikan, tapi terkendala modal, dapat mengajukan pinjaman di Modal Rakyat. P2P Lending Modal Rakyat akan mempertemukan Anda dengan pendana yang bersedia meminjamkan dana untuk Anda. Anda dapat mengajukan pinjaman di Rp500 ribu sampai Rp2 miliar.

Tidak perlu mencemaskan besaran bunga karena bunga yang dibebankan pada Anda akan disesuaikan dengan risiko usaha. Proses pengajuan pinjaman termasuk mudah karena bisa dilakukan secara online, oleh karena itu prosesnya cenderung cepat. Modal Rakyat juga sudah memperoleh izin dari OJK, jadi aman dan terpercaya.

Anda bisa memulai pengajuan pinjaman dengan berkunjung ke tautan ini.

 



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru