Bisnis

Video Marketing: Taktik Pemasaran Modern yang Kian Diminati

Brigitta Winasis-

03 Sep 2021

Video Marketing: Taktik Pemasaran Modern yang Kian Diminati

Video marketing adalah bagian dari strategi pemasaran. Ide ini sudah diterapkan cukup lama dalam dunia digital marketing. Namun semakin lama media video semakin disorot di berbagai platform.

Dengan begitu, video marketing bukan hanya bertujuan mendorong penjualan. Namun juga berperan besar dalam menjangkau calon konsumen potensial dan kampanye brand.

Ingin tahu lebih dalam tentang video marketing? Berikut penjelasannya.


Baca juga: Pentingnya Digital Marketing untuk Bisnis Kecil, ini Tipsnya


Apa itu Video Marketing?

Video marketing adalah upaya pemasaran dengan menggunakan video sebagai medianya. Umumnya strategi pemasaran ini diterapkan untuk online marketing.

Video marketing dianggap sebagai strategi pemasaran terbaik di era sekarang. Jika video marketing sudah terkonsep dengan baik, video dapat dengan mudah diserap audiens. Pada akhirnya, audiens berubah menjadi konsumen Anda.

Anda pasti juga memerhatikan banyak perusahan besar yang lebih banyak mengunggah konten video di berbagai platform media sosial. Pasalnya video dapat dengan mudah viral.

Pihak Google sendiri menyebut konten video adalah cara cerdas dan modern bagi perusahaan untuk melakukan marketing. Pada search engine seperti Google, konten video berpotensi memperoleh peringkat tinggi dan diklik audiens.

Menurut HubSpot Research, lebih dari separuh konsumen ingin melihat video daripada email newsletter atau gambar dari brand yang didukung. Pada studi yang sama, disebutkan konten video lebih berkesan bagi pasar daripada teks dan gambar.


Jenis-jenis Video Marketing

Sebelum membuat video, ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu tentang jenis video yang ingin dibuat. Berikut penjelasannya.

Video Demo

Pada jenis video ini, ditunjukkan bagaimana penggunaan barang atau jasa yang Anda jual. Anda bisa menekankan nilai lebih dari brand Anda dibandingkan kompetitor.

Video Event

Video ini merupakan rekaman dari acara yang Anda selenggarakan. Misalnya webinar, diskusi, ajang amal, dan masih banyak lagi sesuai keperluan brand Anda.

Video Petunjuk atau Edukasi

Video ini bertujuan mengajarkan konsumen suatu hal yang baru atau memberikan pengetahuan dasar terkait solusi dari bisnis Anda.

Video Branding

Video ini digunakan untuk membantu audiens mengerti mengapa mereka membutuhkan produk yang Anda jual. Video branding biasanya menyampaikan pesan yang menunjukkan bagaimana produk atau jasa Anda akan mengatasi kesulitan audiens.

Studi Kasus atau Testimoni Konsumen

Konsumen yang potensial tentu ingin mengetahui apakah produk Anda dapat menjadi solusi masalah mereka. Cara terbaik untuk membangun kepercayaan dengan audiens adalah dengan membuat video studi kasus terkait konsumen loyal Anda.

Ajak pelanggan Anda yang loyal untuk tampil di platform yang dipilih. Jelaskan bagaimana produk Anda bisa memberi solusi melalui testimoni mereka.


Kelebihan Video Marketing

Ada berbagai kelebihan video marketing yang membuat strategi pemasaran ini menarik dilakukan. Berikut penjelasannya.

1. Membantu Konsumen Lebih Memahami Produk

Video membuat konsumen lebih mudah menyerap informasi secara mendetail dibandingkan membaca. Jika mereka tidak mengerti keunggulan produk Anda, kemungkinan mereka membeli semakin kecil.

Menurut studi HubSpot, sebanyak 87 persen konsumen ingin brand lebih banyak meluncurkan video di masa depan.

2. Semakin Banyak Pengguna Video Marketing

Menurut Wyzowl, penggunaan video marketing sebagai sarana pemasaran semakin meningkat dari tahun ke tahun. Di tahun 2019 saja, penggunaan video marketing sudah sebanyak 87 persen. Anda harus mengikuti tren ini jika ingin memenangkan persaingan dalam industri.

3. Meningkatkan Konversi

Menurut Wyzowl, 72 persen pemilik usaha menyebut konversi mereka meningkat setelah menggunakan video marketing. Semakin tinggi konversi, semakin banyak profit yang akan diperoleh.

4. Video Lebih Berpotensi Dibagikan

Banyak pelaku bisnis ingin kampanye marketing-nya menjadi viral di internet. Semakin viral, maka perbincangan terhadap produk tersebut semakin tinggi dan brand awareness meningkat.

Untuk itu, Anda dapat melakukan video marketing. Banyak orang lebih suka membagikan video marketing daripada konten jenis lainnya.

5. Masa Depan Marketing

Berdasarkan survei Cisco, pada 2019 saja sebanyak 80 persen traffic internet didominasi video. Jumlah ini meningkat setiap tahunnya.

Temuan ini membuat banyak pelaku bisnis semakin memanfaatkan video marketing. Pasalnya banyak konsumen lebih suka menonton video daripada mengonsumsi konten jenis lainnya.


Baca juga: 6 Tips Marketing di Instagram untuk Bisnis Anda


Langkah-Langkah Membuat Rencana Video Marketing

Anda harus terlebih dahulu menyusun rencana kampanye video marketing sebelum melakukannya. Dengan begitu, Anda tidak kehilangan arah saat membuat video.

1. Tentukan Target Audiens

Pahami audiens yang ditargetkan untuk kampanye pemasaran Anda. Hal ini akan mempermudah dalam menentukan tujuan pemasaran.

2. Tentukan Tujuan

Tentukan segmentasi audiens Anda dan tujuannya. Setiap segmen memiliki kriteria sendiri-sendiri, sehingga tujuannya pun berbeda.

Setelah itu, tetapkan tujuan yang bisa diraih melalui video marketing. Tujuan ini bisa bermacam-macam, mulai dari meningkatkan brand awareness sampai terjadi konversi.

3. Media Publikasi

Tentukan platform apa yang ingin digunakan untuk merilis video. Setiap platform memiliki karakter dan ketentuan yang berbeda-beda. Anda harus mempertimbangkannya agar video marketing tersebut menjadi efektif dan maksimal.

4. Waktu Rilis

Anda perlu memperkirakan kapan waktu rilis yang akan menarik perhatian maksimal dari audiens. Dengan begitu, Anda bisa menentukan seberapa lama waktu yang diperlukan untuk memproduksi video, terutama jika Anda mengejar momentum tertentu.

5. Anggaran

Tentukan anggaran yang dibutuhkan untuk memproduksi video sampai penerbitannya. Hal ini harus diperhitungkan dengan teliti agar biayanya tidak membengkak.


Memproduksi Video Marketing

Setelah mengetahui langkahnya, berikut cara membuat video marketing secara mudah.

1. Membuat Skrip

Langkah awal yang perlu dilakukan adalah membuat skrip video. Mengapa hal ini penting? Agar mempermudah dalam proses editing. Selain itu, skrip membantu Anda menentukan gambar yang perlu diambil untuk dijadikan cerita.

Tuliskan juga teks audio yang ingin ditampilkan di video. Gunakan bahasa yang jelas dan interaktif. Jangan memakai bahasa yang terlalu teknis.

2. Pilih Kamera

PIlih kamera yang tepat untuk pengambilan gambar. Anda bahkan bisa mengambil gambar memakai kamera bawaan handphone. Yang penting adalah Anda memahami cara menggunakan kamera tersebut.

Anda bisa menggunakan kamera profesional, tetapi jika tidak paham cara menggunakannya, hasilnya akan sama saja. Bahkan terkesan tidak berkualitas.

Anda juga perlu memahami teknis menggunakan kamera. Bacalah petunjuk manual untuk menggunakan kamera.

3. Siapkan Alat Pendukung Lainnya

Anda juga perlu menyiapkan alat pendukung kamera lainnya, seperti tripod, baterai cadangan, memory card, dan mic atau clip on. Banyak detail kecil yang perlu Anda perhatikan.

4. Siapkan Talent

Pastikan talent Anda sudah mempersiapkan diri sebaik-baiknya. Mereka harus mempelajari skrip terlebih dahulu. Dengan begitu, video marketing yang Anda produksi benar-benar menyampaikan pesan melalui talent tersebut.

5. Ambil Gambar

Setelah itu Anda bisa mengambil gambar sesuai perencanaan sebelumnya. Jangan lupa untuk mengambil footage agar memudahkan editor melakukan penyuntingan video.

6. Edit Video

Ada berbagai macam software untuk menyunting video yang bisa Anda pilih. Beberapa di antaranya yang populer adalah Blender, Shotcut, iMovie, dan masih banyak lagi.

Sisipkan juga latar belakang musik yang sesuai dengan mood dan tone video Anda. Musik yang tepat dapat membantu memunculkan emosi penonton. Anda juga bisa merekam voice over jika diperlukan.

7. Rilis Video

Ada berbagai pilihan platform untuk menerbitkan video marketing. Anda bisa merilisnya di YouTube, Instagram, bahkan TikTok. Untuk mempermudah keputusan, lakukanlah riset terlebih dahulu terkait platform mana yang akan Anda gunakan dan mana yang paling efektif menjangkau audiens.


Lakukan Marketing dengan Dana Tambahan dari Modal Rakyat

Anda membutuhkan dana tambahan untuk marketing bisnis Anda? Anda bisa mendapatkannya melalui P2P lending Modal Rakyat.

Layanan ini sudah berizin OJK, sehingga dijamin keamanannya. Bunga yang ditawarkan relatif lebih kompetitif dibandingkan dibandingkan alternatif pinjaman lainnya.

Proses persetujuan cepat. Pinjaman Anda dapat disetujui dalam lima hari kerja jika syarat-syaratnya sudah terpenuhi. Selain itu, proses pengajuan pinjaman dilakukan secara online, sehingga lebih mudah dijangkau.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru